MetroNewsNusantara
Trending

Membeludak, Pendaftar Lelang Jabatan Pemprov Sulsel, Pansel: Peserta Titipan Langsung Didiskualifikasi

Lelang Jabatan Pemprv Sulsel ramai peminat. Hingga hari ke empat, Kamis (2/12) jumlah pendaftar sudah sebanyak 165 orang.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID β€” Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan ramai pendaftar. Memasuki hari keempat, sedikitnya 165 orang telah melakukan registrasi.

Hal menarik, lelang jabatan Pemprov Sulsel ini, adalah terdapat banyak peserta dari luar instansi Pemprov Sulsel yang telah mendaftar sebagai calon peserta. Beberapa ada dari Kementerian/Lembaga serta Pemerintah Daerah baik itu Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

β€œIni sebagai tanda baik ada trust kepada sistem yang berjalan. Lelang Jabatan saat ini, sudah mencapai 165 peserta. Ada dari Jabar, DKI, Kementerian/Lembaga dan lainnya,” kata Ketua Panitia Seleksi Terbuka JPT Pratama Pemprov Sulsel, Prof. Dr. H. Murtir Jeddawi, SH., S.Sos., M.Si.

Tingginya animo peminat antara lain karena sistem pendaftaran yang sudah melalui Sistem Aplikasi Berbasis Web. Sehingga memudahkan pendaftar untuk melengkapi dokumen-dokumen persyaratan.

Salah satu dokumen yang menjadi syarat bagi pendaftar adalah harus pendaftar untuk memiliki Surat Keterangan Bebas dari Sangkutan Aset. Suket bebas sangkutan aset itu dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang menangani aset di masing-masing daerah.

Selain dari itu, pendaftar juga harus memiliki integritas tinggi. Di mana panitia seleksi juga mempersyaratkan bahwa calon peserta adalah mereka yang tidak pernah terkena hukuman disiplin. Termasuk tidak pernah menjalani hukuman atas tindak pidana. Dan, peserta harus membuktikan dengan Surat Keterangan dari Pejabat yang menangani Pengawasan di masing-masing instansi dalam hal ini Inspektorat.

Seleksi Transparan

Di lain kesempatan, Murtir Jeddawi menyampaikan bahwa seluruh tahapan berdasarkan asas transparansi dan terbuka serta profesional. Sehingga ia mengharapkan untuk calon peserta tidak lagi mencoba menggunakan cara-cara yang tidak benar. Sehingga berpengaruh terhadap penilaian terhadap calon peserta.

β€œMekanisme akan kita liat termasuk track record sebelumnya, personality, komunikasi pimpinan, loyalitas, integritas, kecakapan. Dan, tingkat kesuksesan dalam pekerjaannya, pengalaman menangani proyek teknis dan lain-lainnya,” ujar Murtir Jeddawi.

Ia juga berharap, calon peserta tertib mengikuti seluruh tahapan seleksi. Sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan norma etika yang ada. Dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat mencederai nilai integritas peserta itu sendiri.

β€œCalon peserta agar percaya dengan kemampuan dan potensi diri masing-masing. Serta tidak menggunakan pihak-pihak tertentu untuk mencoba mempengaruhi independensi dan kredibilitas panitia seleksi,” jelasnya.

β€œJika melakukan upaya seperti titip peserta maka akan langsung kita diskualifikasi,” tambahnya.

Hal ini sejalan penegasan Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman pada berbagai kesempatan. β€œBahwa ASN harus mengedepankan integritas, profesional dan amanah,” sebutnya.

Bagi yang ingin ikut lelang jabatan, masih ada waktu untuk mendaftar. Pendaftaran melalui sistem aplikasi https://seleksijptp.sulselprov.go.id. (hm/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button