MetroNews

Buka Ramadan Mayday Expo, Danny Pomanto Tekad Kawal Kepentingan Pekerja

MAKASSAR, NEWSURBAN Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto membuka secara resmi event Ramadan Mayday Expo sebagai rangkaian dari kegiatan hari buruh 2023.

Danny Pomanto sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengaku bertekad mengawal kepentingan pekerja demi kemajuan masyarakat dan Kota Makassar.

Hal itu dia lakukan melalui OPD terkait yakni Dinas Tenaga Kerja Makassar untuk mengawal semua kepentingan pekerja juga pengusaha.

Baca Juga: Di dukung Pemkot Makassar, Event May Day Expo Hadirkan Seribu Pekerja

“Saya terbuka sekali dengan teman-teman pekerja maupun pengusaha, mengerti kesulitan kaum pekerja. Karena saya lahir di lorong karena banyak kaum pekerja merupakan anak lorong. Sensor sosial menjadi keseharian saya,” kata Danny Pomanto dalam sambutannya pada acara Ramadan Mayday Expo di Karebosi, Minggu, (16/04/2023).

“Jadi mumpung wali kotanya masih anak lorong maka aspirasi kaum buruh dan kepentingan pengusaha segera di tuntaskan,” sambungnya, di sambut riuh dan tepuk tangan para pekerja.

Pihaknya berkomitmen bahwa pemerintahannya tegak lurus dan menjaga integritas semua kepentingan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Danny Pomanto Siap Sukseskan Makassar Internasional Halal Trade Business Summit and Expo 2023

Danny yang juga Ketua Tripartite Kota Makassar ini menuturkan Mayday merupakan momen memperingati dan mengevaluasi semua hal. Yang menyangkut perburuhan dalam skala kota, nasional hingga internasional.

Bagi Makassar yang hanya mengandalkan sektor perdagangan, jasa dan industri di dalamnya, kata Danny Pomanto, maka kemampuan pekerja menjadi penentu kota ini. Baik atau buruk pertumbuhan ekonomi bisa berputar cepat atau lambat di pengaruhi pekerja.

Dengan itu, jelas dia, dalam kebijakan nasional di kenal dengan Kebijakan Tripartite. Di mana pengusaha, pekerja dan pemerintah bekerja bersama sebagai penopang ekonomi bangsa.

Baca Juga: APINDO Sulsel Bersama Kodam XIV Hasanuddin Gelar Gebyar Ramadan

“Pemerintah sebagai regulator butuh input dari pekerja, begitu pun dengan para pengusaha. Pemerintah merupakan jembatan antara kepentingan kaum pekerja dan pebisnis. Juga sebagai penengah dan mengunci dalam dua kepentingan ini,” jelasnya.

Dia mengungkapkan Makassar pascapandemi mengalami rebound yang cukup menggembirakan. Hal itu di tandai dengan pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata nasional dan provinsi.

Sekaligus menandai terbukanya peluang kerja baru. Meski inflasi menjadi penghambat, timnya komitmen menekan laju inflasi.

Baca Juga: Malam Ramah Tamah Peringatan Hari Buruh Internasional, Danny Dorong Tripartit Bangun Ekonomi Makassar

Dia mengajak dengan semangat Tripartite ini agar saling mengusung dan mendukung satu sama lain. Untuk sama-sama maju dan maju bersama. Agar maju secara ekonomi, kuat secara sosial, dan terpandang secara kultural.

Ketua Panitia Ramadan Mayday Expo Mulyadi mengatakan tujuan dari expo ini ialah hubungan industrial pekerja; pengusaha; dan pemerintah harmonis dalam bingkai kebersamaan

Dalam rangkaian Mayday ini, ia menyebut ada beberapa kegiatan yang sudah-dilakukan seperti Dialog Ketenagakerjaan; Ramadan Mayday Expo dan selanjutnya Malam Ramah Tamah pada Mei nanti. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button