InternasionalNasionalNews
Trending

Bakamla Tangkap Kapal Ikan Vietnam di Laut Natuna, Satu Kapal Berhasil Kabur

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Badan Keamanan Laut (Bakamla) menangkap kapal ikan asing. Kapal berbendera Vietnam ini di duga telah mencuri ikan di Laut Natuna Utara, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Kepala Bagian Humas Bakamla Kolonel Wisnu Pramandita mengatakan kapal patroli KN Pulau Dana-323 mendeteksi keberadaan 2 kapal Vietnam sedang menangkap ikan di perairan perbatasan Indonesia-Malaysia.

Saat KN Pulau Dana-323 mendekat, 2 kapal tersebut langsung menambah kecepatan untuk menghindar dan keluar dari perairan Indonesia.

“Komandan KN Pulau Dana-323 memerintahkan agar menurunkan RHIB dan tim VBSS untuk melaksanakan pengejaran,” kata Wisnu dalam keterangan tertulis, Jumat (24/12).

Dari pengejaran, 1 kapal ikan Vietnam bernomor lambung KG 2118 TS berhasil di hentikan. Namun satu kapal ikan Vietnam lainnya berhasil kabur masuk perairan Malaysia.

Wisnu mengatakan kapal Vietnam yang ditangkap tersebut berisi 20 orang berkebangsaan Vietnam. Kapal ini membawa ikan hasil tangkapan illegal sekitar 2 ton.

“KIA Vietnam di duga telah melakukan pelanggaran batas wilayah dan melakukan aktivitas penangkapan di perairan laut Indonesia, tanpa dilengkapi dokumen dari pemerintah Republik Indonesia. Untuk mempertanggungjawabkan pelanggarannya kapal beserta ABK di kawal menuju Batam,” katanya.

Tercatat 13 kapal Ikan Vietnam Beraktivitas di Indonesia

Sebelumnya, Indonesia Ocean Justice Initiative (IOJI) mendeteksi aktivitas kapal ikan Vietnam di Laut Natuna Utara meningkat selama November. Ini di bandingkan dengan tiga bulan sebelumnya.

“Pada bulan November 2021, angka intrusi KIA Vietnam di Laut Natuna Utara menunjukkan peningkatan dibandingkan 3 bulan sebelumnya. Yaitu Agustus, September dan Oktober 2021,” tulis IOJI dalam kertas analisis yang di keluarkan, Rabu (1/12).

Berdasarkan pantauan IOJI melalui Automatic Identification System (AIS). Pada November tercatat 13 kapal ikan Vietnam terdeteksi beraktivitas di wilayah ZEE Indonesia, berada di bawah batas Landas Kontinen Indonesia.

Sementara berdasarkan citra satelit, pada 15 November 2021. IOJI mendeteksi 21 kapal ikan Vietnam yang berada pada ZEE Indonesia di bawah batas landas kontinen. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com