NewsNusantaraSulsel
Trending

Inovasi Sahabat Lapor Pemkab Gowa Raih Penghargaan dari Kemenpan RB

Masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2021

GOWA, NEWSURBAN.ID — Inovasi Sahabat Lapor yang digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah meraih Penghargaan dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPANRB), sebagai Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021.

Hal itu tertuang dalam SK KEMENPANRB No. 1009 Tahun 2021 tentang Top 99 Inovasi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementrian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMD dan BUMD Tahun 2021.

Kepala Bagian Organisasi Setkab Gowa, Sujjadan mengatakan Sahabat Lapor merupakan inovasi yang dapat membantu masyarakat Gowa, dalam menyampaikan laporan terkait pelayanan publik.

“Sahabat Lapor ini ada untuk mempermudah masyarakat kita dalam menyampaikan laporan. Melalui aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR),” katanya, usai memberikan penghargaan kepada Bupati Gowa, di Baruga Karaeng Galesong, Senin (27/12).

Baca juga: Berhasil Lakukan Inovasi, Pemkab Gowa Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi dari KI Sulsel

Inovator Sahabat Lapor yang juga Kasubag Ketatalaksanaan Bagian Organisasi Setkab Gowa, Indra Said menjelaskan Sahabat Lapor terdapat 18 orang perwakilan setiap kecamatan. Bagi petugas memberikan sosialisasi kepada masyarakat dengan memanfaatkan aplikasi Lapor terhadap pelayanan publik.

“Masih banyak masyarakat yang belum paham menggunakan teknologi. Sehingga kami membentuk Sahabat Lapor ini sebagai media untuk mengedukasi masyarakat menggunakan aplikasi Lapor.go.id atau sms ke 1708 jika ingin menyampaikan aspirasi atau laporan terkait pelayanan publik di Kabupaten Gowa,” jelasnya.

Inovasi Sahabat Lapor ini kata Indra Said, telah melalui tahapan Seleksi Administrasi dengan peserta 3.178 seluruh Indonesia, kemudian pada tahap Penilaian Proposal Inovasi Pelayanan Publik inovasi Sahabat LAPOR berkompetisi dengan peserta sebanyak 1.609, dan selanjutnya ditetapkan 260 peserta.

“Setelah melalui tahapan akhir yaitu Presentasi dan Wawancara oleh Bupati Gowa di hadapan Tim Panel Independen Nasional. Pada akhirnya Tim Panel menetapkan Inovasi Sahabat Lapor menjadi Top 99 terbaik Nasional,” tambahnya.

Baca juga: Berhasil Lakukan Inovasi, Pemkab Gowa Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi dari KI Sulsel

Sementara, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengugkapkan apresiasinya inovasi masuk Top 99 Terbaik Nasional Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021.

“Tentu kami mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh pihak yang terkait. Khususnya Bagian Organisasi karena telah menciptakan ide dan gagasan yang inovatif dalam penyelenggaraan pengaduan pelayanan publik melalui Aplikasi SP4N-LAPOR,” ungkapnya.

Ia mengaku, sejak awal melaunching Lapor di Gowa. Pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh SKPD untuk segera menindaklanjuti laporan masyarakat yang masuk ke aplikasi Lapor dalam waktu 1×24 jam. Sehingga ia berharap dengan adanya Sahabat Lapor akan memudahkan pelayanan publik di Gowa

“Kita berharap keberadaan Sahabat Lapor Kabupaten Gowa mempermudah dan mendukung Pemkab Gowa untuk menerima aspirasi masyarakat,” harapnya. (NH/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com