NewsSulteng
Trending

Wawali dr Reny Lepas Jenazah Seorang Birokrat Tulen dan Politisi Senior di Kota Palu

Sosok H. Arifin Hi Lolo Sebagai Contoh Keteladanan Pemerintah Kota Palu

PALU, NEWSURBAN.ID — Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A Lamadjido menghadiri pelepasan jenazah tokoh masyarakat Kota Palu, H. Arifin Hi Lolo, Kamis (06/01/2022). Hadir pula pejabat dari Pemprov Sulteng, Pemkot Palu, unsur Forkopimda dan stakeholder lainnya serta ratusan pelayat.

Wakil Wali Kota Palu menyampaikan turut berbelasungkawa. “Innaa Lillahi wa Innaa Lillaihi Raji’un. Sesungguhnya setiap mahluk hidup akan mengalami kematian. Sesungguhnya kita semua adalah milik Allah dan kita semua akan kembali ke Hadirat-Nya,” ucap dr. Reny dalam suasana berduka.

Arifin Hi Loloadalah adalah Sekretaris Daerah Kota Palu Tahun 2005-2011. Ia menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis, 8 Januari 2022 sekitar pukul 00.25 Wib, di Rumah Sakit Undata Palu. Beliau lahir di Donggulu, Kabupaten Parigi Moutong, pada tanggal 4 Juni 1952. Ia meninggal di usia 69 tahun.

“Kepergian beliau sangat mengagetkan bagi kami semua. Karena diusianya masih selalu aktif pada setiap kegiatan. Begitu besar kecintaan keluarga dan kita semua namun Allah SWT. lebih mencintai beliau,” kata Wakil Wali Kota Palu ini.

Baca juga: Menjamu Wali Kota dan Wawali Palu, Danny Pomanto Sajikan Kuliner Makassar

Semasa hidupnya, Almarhum Bapak H. Arifin Hi Lolo, sebagai Pegawai Negeri Sipil Pelaksana Harian Kepala Sub Bagian Peraturan Daerah Bawahan pada Provinsi Sulawesi Tengah di Tahun 1984 dan kemudian menjadi seorang politisi yang handal.

Beliau memulai karir politiknya sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah pada tahun 1987-1999. Setelah pengabdiannya pada partai politik alamarhum. Ia melanjutkan bakti dan karirnya kembali menjadi Pegawai Negeri Sipil sebagai Kasubdit. Pembinaan Kesatuan Bangsa pada Dit Sospol Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2000.

Selanjutnya, karir di Pemerintah Kota Palu beliau menjadi Kepala Dinas Pendaftaran Penduduk, Capil dan Tenaga Kerja Kota Palu Tahun 2001. Dan beberapa jabatan strategis lainnya sampai Jabatan beliau yang terakhir selaku Sekretaris Daerah Kota Palu Tahun 2005-2011.

“Sebagai Sekretaris Daerah Kota Palu, masa itu. Banyak sekali menorehkan keberhasilan dalam pelaksanaan Pembangunan, Pemerintahan dan Kemasyarakatan di Kota Palu. Kami sangat terkesan dengan kepemimpinan beliau yang selalu dapat mencapai solusi. Walaupun menghadapi masalah yang sangat sulit,” ujarnya.

Baca juga: Hadianto Rasyid Harap Sekretaris Daerah Kota Palu Ikuti Jejak Positif H Asri

Katanya, Almarhum Bapak Arifin Hi Lolo, merupakan birokrat sangat bijaksana, sabar, pengayom. Dan teguh memegang prinsip yang menunjukan kepemimpinan yang perlu diteladani oleh setiap bawahannya. Bahkan dr. Reny mengulas balik perkataan Arifin Hi Lolo disaat dilantik jadi pejabat Sekretaris Daerah Kota Palu. “Bagi saya, ini merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dan saya siap bekerjasama dan mendampingi Wali Kota Palu”.

“Dan memang benar, sebagai Sekretaris Daerah Kota Palu dan rekan kerja kita semua. Beliau telah menunjukkan dedikasi dan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya,” ujarnya,

Pengalaman yang panjang dan pergaulannya yang luas dan baik di organisasi beragam di berbagai kalangan. Baik itu politik kemasyarakatan dan birokrasi. Sungguh telah memberikan kemudahan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Baca juga: Wali Kota Hadi Lantik Pengurus Keluarga Mahasiswa Kota Palu di Makassar

“Kami semua merasa bersyukur dapat memperolehnya melalui pengalaman bekerja dengan beliau. Dan inipun satu bentuk keteladanan yang di wariskan kepada
kita, untuk terus kita pelihara dan menjaganya. Atas nama Pemerintah Kota Palu Kami merasa sangat kehilangan sosok birokrat pemimpin yang patut di teladani,” katanya.

Diakhir ucapan Wakil Wali Kota Palu, meminta mendoakan almarhum atas kepergiannya, agar arwah beliau diterima di sisi Allah SWT. Sesuai amal dan ibadahnya serta diampuni segala dosanya. Keluarga yang ditinggalkan kiranya diberikan oleh Allah SWT keikhlasan, kekuatan dan ketabahan dalam melepas kepergian almarhum.

“Saya mengajak kita semua bersama-sama membaca Surat Al Fatihah bagi Almarhum. Insya Allah, dengan bacaan Surat Alfatihah kepada beliu, dapat melampangkan jalan di alam kuburnya. (Ysf/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com