MetroNewsPeristiwa

dr Udin Malik Bawa Bantuan Tim Medis dan Logistik ke Cianjur

Bawa Bantuan Tim Medis dan Logistik, dr Udin Malik Bantu Penanganan Kesehatan di Cianjur

CIANJUR, NEWSURBAN.ID Gempa Bumi berkekuatan 5,6 Mw dengan kedalaman 10 KM yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada 21 November 2022 lalu menyisakan banyak korban jiwa.

Hal tersebut menggugah hati dr. Udin Malik. Menantu Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto ini terbang ke lokasi bencana membawa tim kesehatan yang tergabung dalam Tim Bantuan Medis Calcaneus Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas).

Diterima langsung oleh Bupati Cianjur Herman Suherman, dr. Udin dan tim juga membawa bantuan logistik ke posko lokasi pengungsian.

Baca Juga : Paham Inovasi Keuangan Digital 4.0 Bersama Fintech Kredito dan Pintek

“Saya dan tim sudah di sini sejak Sabtu lalu (26 November) rencana sampai tanggal 2 Desember besok. Tiap hari kita keliling 3-4 lokasi bersama Sikesjas pasukan pelopor Korps Brimob Polri untuk membantu mengevakuasi korban,” ucapnya.

Selama di Cianjur, dr. Udin yang tinggal di tenda bersama para korban memfokuskan kehadirannya untuk memberikan bantuan pada pemulihan trauma dan stres kepada para korban terdampak gempa bumi di Cianjur.

Apalagi pada anak-anak dan lansia. Dr. Udin pun memberikan bantuan trauma healing dan pengobatan pada korban yang mengalami salah urat dan keseleo akibat panik berlari ketika gempa terjadi.

Baca Juga : Untuk Tidak Ancam Kesehatan, Budi Hastuti Ingatkan Masyarakat Patuhi KTR

“Jadi paling banyak trauma karena tertimpa reruntuhan atau keseleo ketika lari menyelamatkan diri. Ini semua yang kita bantu,” tuturnya.

Ia juga menuturkan kalau saat ini, ia dan timnya sedang menangani beberapa penyakit yang di idap para korban gempa. Yakni ISPA di akibatkan kondisi cuaca di pengungsian sangat dingin. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button