KesehatanNewsSulsel
Trending

Adnan Targetkan Stok Darah PMI Sulsel di 2022 Capai 20 Ribu Kantong

Maksimalkan Peran UDD

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan menargetkan dapat memperoleh 20. 000 kantong pada 2022 ini. Adanan yakin target ini bisa tercapai dengan maksimalkan peran Unit Donor Darah (UDD) PMI Sulsel.

Adnan yang juga Bupati Gowa menyampaikan target itu, saat memimpin Rapat Pleno Pengurus PMI Provinsi Sulsel di Aula Dr. Ichsan Yasin Limpo, Markas PMI Sulsel, Selasa (18/1).

“Peran UDD kita terus dorong dengan harapan dapat memberikan kontribusi. Dan membiayai kegiatan-kegiatan PMI Sulawesi Selatan,” ujar Adnan.

Baca Juga: PMI Gowa Ikut Dirikan Posko Siaga Bencana Hingga Februari

Ia berharap, UDD ini juga menjadi supporting system bagi PMI Sulsel. Apalagi menurut orang nomor satu di Gowa ini, kondisi ini seiring dengan penurunan dana hibah dari pemerintah provinsi.

“Untuk mencapai target 20.000 kantong darah ini, kita harus memiliki perencanaan yang matang. Sehingga UDD kita bisa menjadi supporting system untuk kegiatan-kegiatan kita di PMI,” harapnya.

Adnan menegaskan, untuk memaksimalkan target tersebut, pihaknya meminta UDD Palang Merah Indonesia Sulsel menargetkan sekitar 2.000 kantong darah per bulan. Termasuk mencari sasaran pendonor baru.

Baca Juga: Aksi Kemanusiaan, MCC & PHI Bersama PMI Makassar Gelar Donor Darah

Tak hanya itu, dirinya akan memberikan reward atau penghargaan jika target 20.000 kantong darah ini bisa tercapai.

“Mobil unit yang ada di Kabupaten Gowa kabupaten dan kota lain di Sulawesi Selatan bisa mereplikasi. Untuk meningkatkan target perolehan darah kita di Palang Merah Indonesia Sulsel,” harapnya.

Sementara itu, Direktur UDD Palang Merah Indonesia Sulsel, dr. Miranti Paturusi berharap dukungan dari seluruh pengurus PMI Sulsel agar target bisa tercapai. Untuk saat ini dr. Miranti menyebutkan perolehan donor darah di UDD PMI Sulsel di 2021 sebanyak 10.329 kantong darah.

Baca Juga: Donor Darah Sehari Kumpulkan 1.182 Kantong Darah, Ketua PMI Sulsel Terima Penghargaan LEPRID

“Progres dari pada capaian pelayanan di UDD kita sangat menggembirakan dan sudah tembus sesuai target kita. Ini kita sudah masuk di tahun ketiga,” katanya.

Selain fokus pada peningkatan donor darah, di tahun 2022 ini dirinya juga akan fokus melakukan akreditasi pelayanan darah. Dirinya berharap UDD Palang Merah Indonesia Sulsel bisa terakreditasi.

“Apalagi nanti rumah sakit standarnya dalam penggunaan darah adalah distribusinya dari UDD yang sudah terakreditasi,” tambahnya. (jn/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com