MetroNews

250 Penari Kolosal Siswi SMP se Kota Makassar Tampil di Pembukaan F8 2023

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Sebanyak 250 penari kolosal dari SMP SE Kota Makassar tampil di pembukaan event tahunan Makassar Internasional Eight Festival atau Makassar F8 2023, Rabu (23/8/2023) malam.

Mereka mempersembahakan tari kolosal Pa’rimpungang Ri Mangkasara di atas panggung pembukaan F8 Makassar di Anjungan Pantai Losari.

Ratusan pelajar tersebut merupakan binaan dari Dinas Pendidikan Kota Makassar. Kadisdik Kota Makassar Muhyiddin, menjelaskan tarian ini merupakan tari kreasi yang menggambarkan keanekaragaman budaya daerah Sulawesi Selatan (Sulsel) yang ada di Kota Makassar.

Baca Juga: Wali Kota Danny Sebut Makassar F8 Ide Lokal yang Mengglobal

“Semua (250 penari kolosal) anak-anak dari sekolah SMP se- Makassar tampil di panggung pembukaan Makassar F8. Dan, tarian ini merupakan seni tari baru dari lagu Pa’rimpungang Ri Mangkasara yang kita aransemen sehingga sedikit lebih modern,” jelas Muhyiddin

Muhyiddin lebih lanjut menjelaskan, melalui koreografinya, tarian ini mengirim pesan. Dengan harapan masyarakat selalu menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dalam membangun Kota Makassar. Dengan prinsip Toddopuli atau A’bulo si batang yang di lihat dengan sesuainya perkataan dan perbuatan.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menuturkan Makassar F8 sebagai acara tahunan yang menampilkan semua potensi seni dan pariwisata. Kata dia, ini tidak terlepas dari partisipasi dan kreativitas kalangan para pemuda.

Karena itu, dia berharap dengan adanya acara F8 ini menjadi ajang bagi Makassar semakin mengenalkan ragam budaya Makassar kepada dunia. Apalagi, pembukaan Makassar F8 ini di hadiri oleh sebanyak sebelas negara dari Asia dan Eropa.

Baca Juga: Nuansa dan Semangat HUT 78 Kemerdekaan RI Warnai Pembukaan Makassar F8

“F8 adalah lokalisasi yang menggolobal. F8 adalah anak muda, kita lihat mulai dari di belakang panggung sampai pertunjukan pembukaan kita anak muda semua. Kita harap F8 kita ingin menjadi the best Waterfront event of the world,” harapnya.

Opening ceremony Makassar F8 ini di buka langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno. Dan di hadiri oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan RI. Serta delegasi dari sejumlah negara, di antaranya Australia, Jepang, Jerman, Malaysia dan USA.

Turut hadir pula, Wali Kota bogor dan Wali Kota Ternate. Acara Makassar F8 2023 ini akan berlangsung mulai dari 23 hingga 27 Oktober mendatang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button