News
Trending

Warga Desa Kalaotoa Selayar Rela Antre di Satu Sumur Demi Mendapatkan Air Untuk Konsumsi

Mereka Butuh Uluran Tangan Dermawan dan Pemerintah

SELAYAR, NEWSURBAN.ID — Bukan karena tak memiliki sumber air, warga Desa Kalaotoa, Kabupaten Selayar kekurangan air bersih karena minimnya sumber mata air. Untuk memenuhi kebutuhan air konsumsi mereka harus antre untuk menimba di satu sumur.

Walau air melimpah mengelilingi perkampungan warga Desa Kalaotoa, Kecamatan Pasilambena, Kab. Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan, masih kesulitan air bersih dan layak. Kurangnya, sumur yang merupakan sumber air bersih satu-satunya menjadi kendala warga yang tinggal di perkampungan ini.

Tidak hanya masalah tersebut. Tak sampainya akses dan aliran listrik ke parkampungan Kalaotoa, membuat seluruh aktivitas masyarakat dalam serba keterbatasan. Termasuk permasalahan air bersih hingga lampu yang padam di saat malam hari.

Baca Juga: Korban Bencana Gempa Selayar Terima Bantuan Modal Usaha dari Global Wakaf-ACT

Kampung yang-dihuni 135 KK dengan 452 jiwa ini, sangat membutuhkan mesin genset dengan daya tarik listriknya yang lebih kuat.

Tidak hanya itu, kurangnya sumur di kampung ini, kadang harus membuat warga mengantre. Untuk menimba air di sumur hingga membeli air bersih demi kebutuhan konsumsi di luar perkampungan.

“Kami sangat ingin seperti kampung-kampung lainnya. Meski kami hidup di pelosok atau pulau setidaknya kami juga mendapatkan perhatian. Kami ingin sekali memiliki listrik sendiri yang bisa bertahan hingga 24 jam. Nantinya kami tak menimba air lagi, tapi airnya bisa mengalir langsung ke rumah kami”, curhat warga kampung Desa Kalaotoa.

Baca Juga: Bantu Selayar Bangkit, ACT Kembali Distribusikan Bantuan Kemanusiaan Pasca Gempa

Berbagai cara telah mereka lakukan. Salah satunya ialah pemanfaatan tenaga listrik dari tata surya.

Namun sayang, jika musim hujan datang tenaga tata surya tersebut tidak cukup bertahan lama hingga membuat lampu harus padam.

Percobaan kembali mereka lakukan. Warga harus berpatungan untuk membeli alat lainnya yaitu mesin genset.

Hingga hari ini alat tersebut masih mereka gunakan. Meski hanya berfungsi dengan batasan waktu kurang lebih 5 jam saja dalam sehari.

Baca Juga: Mamasuka Melalui ACT Salurkan Bantuan Pangan di Sulawesi, Sentuh Masyarakat Hingga Pulau

Aksi Cepat Tanggap juga, turut mengajak dermawan turut menghadirkan sumur wakaf dan aliran listrik. Bagi masyarakat Kalaotoa Kabupaten Selayar yang saat ini sangat membutuhkan uluran tangan.

Bantuan dapat melalui tautan berikut https://indonesiadermawan.id/SumurDesaKalaotoa. Atau melalui rekening BSI # 716 417 0645 dengan konfirmasi transfer via WA ke 0821 9224 1414 atau mengunjungi halaman instagram @act_sulsel. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com