NewsNusantaraSulawesiSulteng
Trending

Tingkatkan Layanan, Wali Kota Hadi Launching e-Parking

PALU, NEWSURBAN.ID ‚ÄĒ Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, secara resmi melaunching revitalisasi parkir elektronik atau e-Parking pada Rabu, 16 Februari 2022 di Kantor BRI Cabang Palu. Parkir elektronik untuk meningkatkan pelayanan itu, menggunakan aplikasi scan barcode QRIS.

Wali Kota mengatakan, e-Parking ini sebagai salah satu bentuk kerjasama Pemerintah Kota Palu melalui Dinas Perhubungan Kota Palu bersama Bank BRI dalam mewujudkan Smart City Palu.

Menurutnya, parkir menjadi salah satu hal yang sering menjadi keluhan masyarakat. Bukan hanya pelayanan tetapi juga potensi penerimaan daerah yang seharusnya manfaatnya bisa di rasakan.

“Memang upaya kita mendorong percepatan ini terjawab dengan baik oleh Dinas Perhubungan Kota Palu dan Bank BRI. Launching hari ini merupakan pintu bagi kita untuk mengawali pola-pola kerja yang sistematis dalam melakukan pengelolaan potensi-potensi yang ada di dalamnya,” katanya.

Ia menyadari penerapan pembayaran parkir menggunakan scan barcode QRIS akan banyak tantangannya, Namun, dengan mengetahui tantangan-tantangan tersebut, Pemerintah dapat melakukan evaluasi sehingga bisa menyempurnakan program ini dan berjalan dengan baik.

“Ini juga upaya Pemerintah untuk mempush masyarakat berimigrasi ke dunia digital. Bagaimana kita mau memanfaatkan industri 4.0 kalau masyarakat tidak berimigrasi dan Pemerintah tidak mendorong hal itu,” ungkapnya.

Tertibkan Tata Kelola Penerimaan Daerah

Wali Kota juga menyatakan program ini sebagai upaya Pemerintah dalam menertibkan pengelolaan penerimaan daerah. Jangan sampai potensi penerimaan ini, justru di manfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Maka Pemerintah harus meminimalisir kesempatan-kesempatan terjadinya hal yang tidak baik. Olehnya saya berharap launching ini bisa di imbangi dengan sosialisasi dengan baik. Baik dari Dinas Perhubungan Kota Palu maupun Bank BRI,” lanjutnya.

Selain itu, Wali Kota juga meminta, setelah launching ini layanan parkir juga harus di perbaiki. Mulai dari marka parkir hingga petugas parkir harus mampu memiliki komunikasi yang baik dengan pelanggannya.

“Bukan hanya kita menyuruh masyarakat berkontribusi yang baik. Tapi kita juga harus memberikan pelayanan yang baik. Sehingga masyarakat bisa menerima baik dan semakin memperkuat upaya-upaya kita bersama dalam meningkatkan pelayanan,” tambahnya.

Pembayaran e-Parking dengan menggunakan scan barcode QRIS ini akan dimulai dengan 50 titik parkir se-Kota Palu seperti rumah makan, supermarket, dan lainnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut yakni Wakil Wali Kota Palu Reny A. Lamadjido, Kepala Dinas Perhubungan Kota Palu, Muhammad Arif, pimpinan BRI Cabang Palu, dan lainnya. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button