KesehatanNewsNusantaraSulawesiSulsel
Trending

Andi Sudirman Bersama Kapolda Sulsel Tinjau Vaksinasi Booster Presisi

Imbau Masyarakat Taat Prokes dan Vaksin Lengkap

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman meninjau pelaksanaan Vaksinasi Booster Presisi di Gedung Guru Jusuf Kalla, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (23/2). Vaksinasi booster tersebut untuk Guru dan Tenaga Pendidikan serta pelajar SMA dan SMK se Kota Makassar.

Saat kunjungan, Andi Sudirman juga menyerahkan hadiah kepada peserta vaksinasi yang memenangkan undian. Beberapa di antaranya sepeda lipat serta alat-alat elektronik.

Dalam kesempatan ini, Andi Sudirman bersama Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana juga mengikuti arahan secara virtual Vaksinasi Serentak Indonesia oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri menekankan agar Pemerintah Daerah bersama TNI-Polri dapat bersama-sama dalam upaya akselerasi percepatan vaksinasi baik dosis satu, dosis dua maupun vaksinasi dosis tiga (booster), utamanya bagi lansia.

“Kita harapkan semua bekerja keras melaksanakan aturan vaksinasi dan memperkuat protokol kesehatan. Bagaimana kita melakukan akselerasi percepatan vaksinasi khususnya bagi lansia dan anak-anak,” pinta Kapolri.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengingatkan pentingnya memperhatikan penerapan prokes apalagi saat ini terjadi lonjakan kasus penyebaran.

“Olehnya itu Presiden, Bapak Joko Widodo selalu menekankan kunci penanganannya lonjakan varian omicron adalah mempercepat vaksinasi dan peningkatan disiplin protokol kesehatan, utamanya penggunaan masker,” kata Andi Sudirman.

Pelaksanaan vaksinasi ini menurut Andi Sudirman merupakan ikhtiar dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity). Data terakhir kementerian kesehatan menunjukkan bahwa 73% meninggal karena belum vaksin lengkap.

“Olehnya itu, ayo segerakan vaksin sebagai ikhtiar dari resiko fatality. Ayo kita bersama menggalakkan Sulsel Kebut Vaksinasi,” imbaunya.

Capaian Vaksinasi di Sulsel

Saat ini, capaian vaksinasi di Sulsel sekitar 83% dari target 7 juta orang. Sementara itu, berdasarkan data Dinas Pendidikan, per tanggal 22 februari 2022, capaian vaksinasi untuk pelajar dosis 1 yakni 325.513 (91,22%). Untuk dosis 2 sebanyak 275.398 atau 77,18%.

Sedangkan, untuk pendidik dan tenaga kependidikan, cakupan vaksinasi sebanyak 33.015 (93,44%) untuk dosis 1. Dan, dosis 2 telah mencapai 31.499 atau 89,15%.

Vaksinasi booster untuk guru, tenaga kependidikan, dan vaksin ke-2 bagi pelajar SMA dan SMK ini atas kerjasama Pemprov Sulsel. Dalam hal ini,  Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan serta Dinas Dukcapil dan kerjasama Polda Sulsel. (hm/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button