NewsSulsel

Adnan Harap Musrenbang Pemuda Lahirkan Ide Kreatif dan Inovatif untuk Kemajuan Daerah

GOWA, NEWSURBAN.ID — Pemuda menjadi salah satu unsur penting dalam suatu pembangunan daerah. Sehingga dalam melakukan perencanaan membutuhkan ide dan aspirasi generasi pemuda.

Hal ini diungkapkan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pemuda Kabupaten Gowa secara virtual di Ruang Kerja Bupati Gowa, Selasa (15/03/2022).

“Musrenbang pemuda ini dilakukan agar menjadi media penyampai aspirasi dalam pembangunan di Kabupaten Gowa. Para pemuda bisa memberikan ide, pemikiran kreatif dan inovatif untuk kemajuan daerah,” ungkapnya.

Ia mengaku, salah satu tujuan pembangunan yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Gowa tahun 2021-2026 yang merupakan perwujudan misi pertama. Yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dengan pencapain sasaran indeks pemuda dengan strategi meningkatkan peran pemuda dalam pembangunan.

Baca juga: Wabup Gowa Dampingi Gubernur Gorontalo Tinjau Lahan Pembangunan TPU di Pattallassang

“Sebagai bentuk keterlibatan pemuda di Kabupaten Gowa. Kami telah menetapkan Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan kepemudaan mengharapkan pemuda bisa menjadi pemimpin masa depan yang lebih baik. Bahkan menjadi agen perubahan yang bisa mendorong transformasi diri ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

Olehnya itu, melalui Musrenbang Pemuda ini, seluruh organisasi pemuda yang ada di Gowa mampu memberikan ide yang kreatif dan inovatif untuk kemajuan Kabupaten Gowa sendiri.

Sementara Sekretaris Badan Perencananaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa, Alimuddin Hakim mengatakan, Musrenbang Pemuda ini menjadi langkah penyempurna pembangunan kepemudaan di kabupaten Gowa, untuk mencerdaskan pemuda Gowa sebagai sumbangsih pada kejayaan Indonesia.

Baca juga: Bupati Adnan Minta APDESI Jadi Mitra Untuk Membangun Gowa

“Dalam Forum Musrenbang Pemuda ini dilakukan melalui diskusi dan usulan dalam beberapa bidang. Seperti perluasan kesempatan memperoleh pendidikan dan keterampilan. Peningkatkan peran serta pemuda dalam pembangunan, sosial, politik, ekonomi, budaya dan agama. Serta peningkatan potensi pemuda dalam kewirausahaan kepeloporan dan kepemimpinan,” sebutnya.

Hasil diskusi ini kata Alimuddin, usulan- usulan para pemuda Gowa akan di himpun.  Kemudian menjadi rekomendasi bidang kepemudaan untuk pemerintah Kabupaten Gowa. Harapan ini untuk penyelenggaraan Musrenbang Pemuda ini menjadi bahan masukan untuk membahas rancangan RKPD Tahun 2023.

Kegiatan ini hadir Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina.

Hadir pula para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa, organisasi kepemudaan terdaftar di Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa. dan perwakilan dari masing-masing kecamatan berusia antara 15 sampai 30 tahun. (NH/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button