NewsNusantaraSulawesiSulsel
Trending

Efektifkan Patroli Laut, Satrol Lantamal VI Gunakan Kendaraan Lincah Berteknologi Tinggi

1 Unit KMC dan Sepeda Motor Trail Diserahkan Dantalantamal VI Makassar ke Satrol Lantamal VI

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Pangkalan Utama TNI AL VI Makassar menggunakan kendaraan lincah dan berteknologi tinggi untuk mengefektifkan patroli laut di wilayahnya.

Dua kendaraan laut, –Kapal Motor Cepat (KMC) dan sarana prasana ( sarpras )Sepeda Motor di serahkan Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI Makassar) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari kepada Komandan Satuan Patroli (Dansatrol) Lantamal VI Letkol Laut ( P ) Anis Latif di Mako Lantamal VI, Senin (21/3).

Danlantamal VI mengatakan, kehadiran Kapal Motor Cepat (KMC) jenis kapal Sea Hunter B 12 yang di adakan oleh Baranahan Kemhan ini, untuk penambahan kekuatan unsur laut.

Kapal yang di produksi oleh Galangan Kapal PT. Mega Perkasa Engineering Tangerang Banten memiliki spesifikasi teknis panjang 12 Meter, lebar 2 Meter. Dan, menggunakan 2 mesin dengan sistem pendorong water jet.

KMC ini, di lengkapi dengan peralatan GPS, radar, echo sounder, dan map navigation. Kapal ini, juga mampu melaju hingga kecepatan 35 knots serta mampu beroperasi di laut dangkal dan sempit.

“Kapal ini sangat cocok digunakan untuk patroli penindakan aksi kejahatan di laut. Dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan kapal yaitu faktor cuaca dan sea state,” ujar Danlantamal VI.

Ia berharap, kapal ini dapat segera beroperasi secara optimal, pada pagi ini.

“Saya serahkan pembinaan KMC kepada Dansatrol Lantamal VI. Di samping itu, saya serahkan juga 1 unit kendaraan roda dua jenis trail merk kawasaki. Guna mendukung tugas operasional satuan,” pungkas Danlantamal VI.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Marsono S. IP, Para Asisten Danlantamal VI, Lo Kodam XIV HSN, Dansatdik-2 Mks, Dansatlinlamil-3; Dansatrol Lantamal VI, Kafasharkan Makassar , Kakuwil Lantamal VI, Kaladokgi TNI AL Yos Sudarso; Dansekesal Mks, Danyonmarhanlan VI, serta para Kadis dan Kasatker Lantamal VI. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button