NewsNusantaraSulsel
Trending

Jalan Ruas Rantepao-Sadan-Batusitanduk Mulai Dikerjakan, Anggaran Rp35,6 M

LUWU, NEWSURBAN.ID — Jalan ruas Rantepao-Sadan-Batusitanduk di Kabupaten Luwu memasuki tahap pengerjaan. Total anggarannya mencapai Rp35,6 miliar.

Untuk tahun 2022 ini, ada dua paket pengerjaan pembangunan pada ruas jalan ini. Yakni, melalui APBD Provinsi senilai Rp 15,9 Miliar dan Rp 19,7 Miliar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman Apresiasi BBPJN Sulsel Lakukan Preservasi Jalan

Ruas jalan Provinsi yang berada di Kabupaten Luwu dan Kabupaten Toraja Utara ini dikerjakan secara bertahap. Di mana tahun 2020 lalu, telah di tangani sepanjang 3 km. Sementara tahun 2021 telah di tangani sepanjang 11,40 km.

Ada pun pengerjaannya untuk tahun 2022, dengan total anggaran Rp35,6 Miliar ini, untuk sepanjang 6 km. Dengan penanganan berupa pengaspalan dan pelebaran jalan dari lebar existing 4 meter, menjadi 7 meter.

Baca Juga: Temui Gubernur Sulsel Instansi Vertikal Kementerian PUPR Bahas Jalan Makassar-Bone dan Parepare

“Alhamdulillah, ruas jalan Rantepao-Sadan-Batusitanduk mulai di kerjakan. Tahun ini, kita fokuskan pengerjaan di daerah Kabupaten Luwu, dengan alokasi total Rp35,6 Miliar,” ujar Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Rabu (13/4/2022).

Ruas ini, kata Andi Sudirman, menghubungkan wilayah Toraja Utara dengan Batusitanduk di Kabupaten Luwu.

Baca Juga: Penanganan Jalan Rusak Poros Cabbenge-Soppeng Dilanjutkan Pemprov Sulsel, Warga: Terima Kasih Bapak Gubernur

Jalan ini, juga menjadi akses yang di gunakan masyarakat sebagai jalur alternatif penunjang, –jika jalan nasional pada ruas Rantepao – Palopo tidak dapat di lalui karena longsor.

“Ruas ini, menghubungkan daerah terisolir. Dengan kondisi jalan masih tanah merah, tahun ini kita lakukan pengaspalan sepanjang 6 km dan pelebaran dari 4 meter menjadi 7 meter,” pungkasnya.

Baca Juga: Ruas Jalan Waempubbu-Pompanua Rampung, Andi Sudirman: Masyarakat Sudah Nikmati

Ia berharap infrastruktur ini, segera bisa di nikmati masyarakat dalam memudahkan aksesibilitas. Hadirnya jalan ini, akan menunjang kelancaran transportasi, memudahkan mobilitas masyarakat, –yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi baru bagi masyarakat. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button