NewsNusantaraSulawesiSulsel
Trending

Program Sedekah Sampah, Cara Kadis DLH Bone Jaga Kebersihan dan Jadikan Limbah Bernilai Pahala

BONE, NEWSURBAN.ID — Menjaga bumi dari rumah kaca akibat limbah atau sampah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone Dray Fibrianto menggagas Program Sedekah Sampah.

“Berbicara mengenai sampah memang tidak ada habisnya. Perlu di ketahui penanganan sampah secara baik adalah salah satu langkah untuk menciptakan suatu daerah yang bersih dan nyaman,” kata Day Fibrianto.

Program amal yakni Program Sedekah Sampah ini, mungkin terbilang baru dan sangat berarti.

Baca Juga: Kecewa, Warga Bone Tanam Pohon Pisang di Jalan Berlumpur

Menurut Dray Fibrianto, melalui program ini warga bisa menyumbang sampah.

“Jadi sampah milik warga ini, bisa di setor langsung di kantor. Kemudian nilai sampah tersebut akan kita hitung dan selanjutnya menjadi sedekah,” ujarnya saat di temui di sela-selah kegiatan bersih-bersih, Sabtu (26/3).

Dray juga menjelaskan, bahwa sampah yang bernilai ekonomis seperti plastik, besi dan kertas. Pihaknya akan memberikan sampah-sampah itu, kepada Bank Sampah.

Baca Juga: BIAS, Dinkes Bone Sosialisasi Pentingnya Imunisasi Anak Berbasis Sekolah

“Hasilnya nanti terserah kepada warga apakah dia mau di sumbangkan ke Masjid, Panti Asuhan. Atau sesuatu yang di anggap perlu,” jelas mantan Kadis BPBD Bone ini.

Sementara itu, untuk pembuangan sampah sembarangan, dia menilai karena kesadaran masyarakat masih kurang. Untuk itu, edukasi tentang bagaimana pentingnya membuang sampah pada tempatnya perlu terus di galakkan.

“Jadi saya akan mengaktifkan Satgas Kebersihan di beberapa tempat.Yang memiliki bak sampah yang nantinya ketika mendapatkan warga membuang sampah bukan tempanya. Mereka akan mengedukasi serta memberikan pemahaman pada warga itu,” jelasnya.

Baca Juga: Agar Cakap Kelola Anggaran dan Pelayanan Publik, Sekda Bone Harap Aparatur Desa Tingkatkan Kompetensi

Dia berharap Program Sedekah Sampah ini bisa berjalan lancar dan di terima dengan baik oleh warga Kabupaten Bone. (fan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button