MetroNews

Tambah Luasan RTH Makassar, 150 Pohon Tabebuya Bakal Ditanam pada Gelaran APEKSI 2023

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Guna menambah luasan ruang terbuka hijau atau RTH Makassar, Pemerintah Kota Makassar, mengajak asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tanam pohon. Kegiatan ini, akan di laksanakan agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Kota Makassar pada 10-14 Juli 2023 mendatang. Di mana salah satu fokus utama kegiatan adalah upaya pelestarian lingkungan dan keberlanjutan.

Program lingkungan hidup ini rencananya bakal dilaksanakan pada 13 Juli 2023. Agendanya adalah penanaman pohon Tabebuya yang bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang hijau dan sejuk.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Ferdy Mochtar menjelaskan, pada agenda tersebut peserta rapat kerja APEKSI akan menanam pohon Tabebuya di kawasan Center Point of Indonesia (CPI).

Baca Juga: Ketua TP PKK Kota Makassar Matangkan Persiapan Ladies Program APEKSI 2023

Mereka akan di berikan bibit pohon Tabebuya dan di bantu oleh petugas yang telah di siapkan untuk proses penanaman yang efektif dan tepat.

“Di lihat dari lokasi yang akan di tanami, kurang lebih ada 150 pohon yang akan di tanami jenis Tabebuya. Lokasinya di CPI karena di sana adalah salah satu lokasi ruang terbuka hijau. Agendanya pagi, sebelum jam 9 pagi,” tutur Ferdy, Senin (3/07/2023).

Pohon Tabebuya di pilih karena memiliki nilai estetika yang tinggi dengan bunga berwarna-warni yang indah dan dedaunan yang rimbun.

Selain itu, pohon ini juga di kenal tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, sehingga cocok untuk di tanam di daerah perkotaan.

Baca Juga: Pemkot-KPU Makassar Sukseskan Kirab Pemilu 2024 di Pantai Losari

Ferdy berharap, penanaman pohon Tabebuya ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan. Baik dalam menjaga kelestarian lingkungan maupun memberikan kenyamanan visual bagi masyarakat.

Pohon-pohon yang tumbuh subur akan memberikan keuntungan ekologis seperti penyerapan karbon. Perlindungan terhadap erosi tanah, dan peningkatan kualitas udara.

“Salah satu tujuannya juga untuk menambah RTH di Makassar. Kalau RTH banyak. Otomatis tingkat kualitas udara akan jauh lebih bagus,” jelasnya.

Penanaman pohon Tabebuya dalam rapat kerja APEKSI di Makassar juga di sebut Ferdy menjadi langkah nyata dan bukti konkret dari komitmen APEKSI. Dan seluruh peserta Rakernas dalam menjaga kelestarian lingkungan dan keberlanjutan.

Di harapkan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk turut serta dalam menjaga dan melestarikan alam.

“Karena konservasi alam dan upaya pelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab bersama yang akan berdampak positif bagi generasi masa depan,” pungkas Ferdy. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button