NewsNusantaraSulsel
Trending

Kamsina Harap Dewan Kesenian Gowa Mampu Lestarikan Kebudayaan Lokal

GOWA, NEWSURBAN.ID โ€” Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina mengajak Dewan Kesenian Gowa (DKG) untuk membantu pemerintah daerah dalam melestarikan kebudayaan lokal khususnya kesenian daerah yang ada di Kabupaten Gowa.

Hal ini,disampaikannya saat melantik Pengurus Dewan Kesenian Gowa periode 2021-2025 sekaligus menutup Festival Balla Lompoa di pelataran Istana Tamalate Sungguminasa, Senin (6/6) malam.

Baca Juga: Muhibah Budaya Jalur Rempah, Wabup Gowa: Tambah Pengetahuan Sejarah Generasi Muda

Menurut Kamsina, menjaga kearifan budaya lokal merupakan tanggungjawab bersama. Pemerintah tidak bisa jalan sendiri, dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi dari semua pihak khususnya Dewan Kesenian Gowa untuk tetap melestarikan kebudayaan lokal terutama di era modern saat ini.

โ€œAcara yang kita laksanakan hari ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri buat kami, karena kami berpikir di zaman serba modern saat ini, dimana budaya lokal seolah-olah terlupakan dengan budaya yang glamor dan modern,โ€ ujarnya.

Baca Juga: Bupati Gowa Berikan Bonus ke Atlet Peraih Emas di Sea Games Vietnam

Karena itu, dia menyambut baik pelaksanaan Pelantikan Pengurus Dewan Kesenian Gowa, yang-dirangkaikan dengan Festival Balla Lompoa. Kamsina yakin bahwa apa yang-dilakukan ini, merupakan bagian dari upaya melestarikan budaya lokal dalam bentuk kesenian daerah.

Dia berharap Dewan Kesenian Gowa dapat terus melalukan kegiatan-kegiatan kreatif seperti Festival Balla Lompoa seperti ini. Kamsina menilai bahwa kegiatan seperti ini, penting-dilakukan untuk terus menghidupkan nilai-nilai kearifan budaya lokal di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Baca Juga: Sekda Gowa Dorong Kolaborasi Pemerintah Dengan Pegiat Kesenian

โ€œFestival Balla Lompoa ini akan menjadi momentum yang baik untuk menggiatkan kembali seluruh aktivitas seni dan budaya Kabupaten Gowa. Kami Pemerintah Kabupaten Gowa siap mendukung dan mensupport kegiatan tersebut,โ€ tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Kesenian Kabupaten Gowa, Rahmansyah mengaku siap membantu pemerintah dalam melestarikan kebudayaan Kabupaten Gowa. Menurutnya kegiatan Festival Balla Lompoa merupakan salah satu wujud dukungan Dewan Kasenian Gowa melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan Kabupaten Gowa.

Baca Juga: Pemkot Baubau Pelajari Upaya Forum Kabupaten Sehat Gowa Raih Swasti Saba Wistara

Karena itu, Rahmansyah mengaku bahwa kegiatan dalam upaya memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan lokal oleh Dewan Kesenian Gowa. Bahkan, dia menargetkan Festival Balla Lompoa ini, akan masuk dalam event nasional.

Dia juga menyambut baik dan menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Gowa. Atas dukungannya selama ini kepada Dewan Kesenian Gowa.

โ€œDewan Kesenian Gowa bukan suatu lembaga yang menjelma menjadi suatu kekuatan yang paham segala hal tentang seni dan budaya. Tetapi Dewan Kesenian Gowa ibarat perahu yang akan menjadi tumpangan bagi kita semua yang mau berpikir tentang seni untuk membangun kebudayaan Kabupaten Gowa,โ€ tandasnya.

Baca Juga: Bupati Gowa Apresiasi Sumbangsih Al Fityan School Untuk Pembangunan SDM

Pada kesempatan ini, juga di lakukan penyerahan penghargaan kepada para pemerhati seni dan budaya Kabupaten Gowa.

Turut pada pada kegiatan ini Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa, Andi Tenriwati Tahri. (jn/ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button