NewsNusantaraSulsel
Trending

Pilkades Serentak di Bulukumba, DPMD Harap Tak Lakukan Politik Uang

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bulukumba menginginkan agar Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades serentak di Bulukumba tahun 2022 dapat berjalan dengan sukses, aman, tertib dan damai.

Kepala DPMD Bulukumba Akhmad Januaris mengaku pihaknya akan memaksimalkan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat, aparatur perangkat desa, maupun kepada para kontestan.

Menurutnya, Sosialisasi dan edukasi itu penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan demi mewujudkan kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pada perhelatan Pilkades.

Baca Juga: Fiadifa Indonesia Sumbang Kurban 1 Ekor Sapi Limosin di Bulukumba

Karena itu, Ia mengajak semua pihak agar tetap menjaga solidaritas dan kekeluargaan di masyarakat, serta menghindari praktek-praktek money politics atau politik uang di Pilkades.

“Kita lakukan edukasi untuk jalan sesuai koridornya masing-masing dan tidak melakukan hal-hal yang bisa memancing situasi dan kondisi di lapangan, sehingga Pilkades dapat sukses,” ujar Akhmad Januaris, Jumat, 8 Juli 2022.

Menurut dia, panitia nantinya punya tugas dan tanggung jawab yang besar. Selain tugas-tugas administratif, panitia juga bertugas untuk memantau di lapangan. Apalagi, terkait politik uang.

Baca Juga: RSUD Bulukumba Siapkan Terobosan: Bentuk Tim Terpadu Optimalkan Pelayanan Kesehatan

“Kalau memang terbukti (politik uang), bisa saja dianulir. Tergantung tingkat pelanggarannya dan apa yang sudah diputuskan oleh panitia Pilkades,” katanya.

“Karena kita tidak masuk di kepanitiaan. Kita hanya pembinaan saja. Makanya sosialisasi harus dipermantap. Kita harap jangan ada politik uang,” tambahnya.

Mantan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, juga menerangkan, saat ini Rancangan Peraturan Bupati (Ranperbup) tentang Pilkades sementara berproses di Biro Hukum Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Shalat Idul Adha, PHBI Bulukumba Pusatkan di Masjid ICDT

“Kemarin kita sudah kirim lagi perbaikannya. Insya Allah tahapan Pilkades kita mulai pertengahan atau minggu keempat bulan Juli 2022,” kata Januaris.

Januaris juga menyebut, hari-H Pilkades memungkinkan digelar pada akhir September atau awal Oktober 2022. Olehnya, jabatan Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) sekira 4 hingga 6 bulan sampai pelantikan Kades terpilih.

“Kita juga harap ke teman-teman Pj Kades untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik, serta tidak berpihak ke mana-mana,” ujarnya.

Sebagai informasi, Peraturan Daerah (Perda) tentang Pilkades yaitu Perda Kabupaten Bulukumba Nomor 6 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan, Pelantikan, Pemberhentian dan Masa Jabatan Kepala Desa.

Berikut daftar 31 Desa dari 8 Kecamatan di Kabupaten Bulukumba yang akan menggelar Pilkades serentak tahun 2022.

Gantarang
1. Desa Barombong
2. Desa Benteng Malewang
3. Desa Bukit Tinggi
4. Desa Bontoraja

Bontotiro
1. Desa Batang
2. Desa Pakubalaho

Bonto Bahari
1. Desa Lembanna
2. Desa Darubiah

Kindang
1. Desa Kindang

Bulukumpa
1. Desa Kambuno
2. Desa Batulohe
3. Desa Bulo-bulo
4. Desa Jojjolo
5. Desa Sapobonto

Kajang
1. Desa Mattoanging
2. Desa Bontorannu
3. Desa Sapanang
4. Desa Pattiroang
5. Desa Lembanna
6. Desa Lembang
7. Desa Tanah Towa

Ujung Loe
1. Desa Padangloang
2. Desa Manjalling
3. Desa Salemba
4. Desa Bijawang
5. Desa Tamatto

Rilau Ale
1. Desa Bontomanai
2. Desa Bulolohe
3. Desa Bontomate’ne
4. Desa Bontobangun
5. Desa Anrang

(cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button