NewsNusantaraSulsel
Trending

Bupati Bone Janji Rampungkan Pembangunan Bola Soba Tahun Ini

Lokasinya Berbeda

BONE, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Kabupaten Bone Sulawesi Selatan saat ini mengenjot lahan untuk pembangunan Bola Soba yang telah mengalami musibah kebakaran pada Bulan Maret Tahun 2021 lalu.

Bupati Bone Andi Fahsar pun telah melakukan pertemuan beberapa Tokoh mayarakat, Budayawan Tim Ahli Cagar Budaya di Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang pada beberapa hari lalu.

Baca Juga: Setahun Lebih Bola Soba Terbengkalai, Andi Fahsar: Akan-Dibangun Setelah Pembebasan Lahan

Saat ini Pemerintah Kabupaten Bone telah mengalokasikan pembebasan lahan di wilayah Palakka Kecamatan Tanete Riattang Barat seluas 4 hektar lebih dengan menyediakan dana sekitar Rp6 miliar untuk pembebasan lahan dan Rp20 miliar pembangunan bola soba tersebut.

Andi Fahsar mengatakan untuk bola soba sekiranya kami kembali akan membangun ulang dengan luas lokasi kami siapkan 4 hektare.

Baca Juga: Warga Bone Nilai Sedikit lebih Baik Kepemimpinan Andi Idris Galigo, Ketimbang Andi Fahsar

“Namun di lokasi yang berbeda. Kenapa? Karena di sana kami akan jadikan sentra pengembangan adat budaya Bugis,” ujarnya Kamis (14/7/2022).

Lanjut Fahsar bahwa untuk pembangunan bola soba tidak ada yang berubah bentuknya. Kata dia, masih seperti yang sebelumnya hanya luasnya yang-ditambah.

Baca Juga: Reses di Bone, DPRD Sulsel Syahrir Berjanji Akan Realisasikan Kebutuhan Masyarakat Dusun Kelling Tahun 2023

“Sebenarnya bentuk aslinya sudah tidak terlihat karen bola soba ini sudah berapa kali berpindah tempat. Dan, kami sudah pesan kayu untuk tiangnya sebesar 40×40 andai ada kayu sebesar 50×50 itu lebih bagus lagi,” kata Andi Fahsar.

Bupati dua priode ini juga mengatakan, saat ini kesedian dana pembebasan lahan pembangunan-bola-soba, seluas 4 hektare belum cukup.

Baca Juga:Dinilai Tidak Maksimal, Rapat Banggar Dewan Soroti LKPJ Bupati Bone Tahun Anggaran 2021

“Insya Allah tahun ini kita rampungkan proses pembangunannya dan kalau desainnya sudah selesai secepatnya siap lelang,” tambahnya. (fan/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button