MetroNasionalNewsOtomotifPendidikanTekno

Kalla Future Leaders 2022, Siapkan Calon Terbaik Pemimpin Masa Depan Indonesia

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Kalla Future Leaders 2022, di buka setelah sukses melaksanakan event Kalla Goes to Campus pada beberapa Top University di Indonesia. Seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Institut Teknologi Bandung pada Mei-Juni lalu.

Program Kalla Future Leaders yang menjaring seluruh mahasiswa di Indonesia berhasil menjaring 6 Tim terbaik dari berbagai Universitas ternama pada babak Grand Final yang berlangsung selama 3 hari, dari 11-13 Juli 2022 di kota Makassar.

Program Kalla Future Leaders sendiri merupakan kompetisi bisnis pertama di Indonesia Timur yang terbuka untuk seluruh mahasiswa tingkat akhir hingga fresh graduate di Indonesia untuk mengasah problem solving dan business acumen skills.

Baca Juga : Dugaan Pemalsuan Dokumen, Eks Wali Kota Kendari Anak dan Bapak Mangkir Panggilan Polisi

Setiap team sendiri terdiri dari 5 anggota dari Universitas yang sama. Enam Tim yang berhasil lolos ke babak Grand Final berasal dari total 263 tim yang melakukan registrasi dari seluruh Indonesia.

263 tim tersebut kemudian di tantang membuat Sales & Marketing Campaign Idea dan Communication Channel Idea dari salah satu unit bisnis KALLA yaitu Bugis Waterpark Adventure yang merupakan bagian dari PT. Baruga Asrinusa Development.

Dari 263 tim, di saring menjadi 30 tim dengan project terbaik ke tahap Semifinal untuk membuat analisa bisnis yang lebih dalam lagi mulai dari Sales & Marketing Campaign Idea, Communication Channel serta Strategi Ekspansi dan Investasi dalam bentuk video presentasi untuk dua bisnis KALLA lainnya itu Otoxpert oleh Kalla Automotive dan Semen Mortar oleh Kalla Beton.

“Akhirnya setelah seleksi yang begitu ketat, kita sampai pada tahap Grand Final mempertemukan 6 Tim terbaik dari Top University di Indonesia yaitu 2 team dari Universitas Indonesia, 2 team dari Institut Teknologi Bandung, 1 team dari Universitas Hasanuddin dan 1 team dari Politeknik Negeri Ujung Pandang. Ke-Enam team tersebut kami undang ke Makassar dan KALLA untuk melakukan boot-camp persiapan menuju babak final yaitu presentasi ke Board of Director Kalla Group,” Ujar, Disa R Novianty selaku People & Performance Director KALLA.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Intruksikan Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Tana Toraja

Para Grandfinalist tersebut mengikuti serangkaian kegiatan seru selama berada di kota Makassar mulai dari Opening Ceremony, yang di lanjutkan dengan Kunjungan Industri ke 2 unit bisnis Kalla Group yakni Otoxpert dari Kalla Automotive dan Kalla Beton.

Mereka juga mengikuti serangkaian kegiatan sharing session seperti Inspiration Talks oleh Mantan Wakil President RI ke 10 dan 12 sekaligus founder KALLA yaitu Bpk. Jusuf Kalla serta CEO Talks yang di bawakan oleh Board of Director KALLA.

Tantangan Calon Kalla Future Leaders 2022

Peserta juga mengikuti Business Simulation Celemi Apples & Orange by NuPMK Consulting. Pada sesi tersebut para peserta juga di tantang meningkatkan skill business acumen tidak hanya dari Internal Bisnis Kalla. Namun, juga membahas satu case bisnis tertentu yang harus mereka kembangkan menjadi sebuah bisnis yang growth & sustainable.

“Jadi program Kalla Future Leaders merupakan kompetisi. Untuk mengasah problem solving dan business acumen skill dari para peserta yang menjadi salah satu skillset guna menjadi pemimpin masa depan. Tidak hanya untuk KALLA dan unit bisnisnya, tapi di manapun nantinya para peserta akan berkarir, ilmu dari program Kalla Future Leaders ini dapat tetap bermanfaat ketika menjadi seorang Leaders di masa yang akan datang,” Sambung, Disa.

Baca Juga : Ketua I Pimpin Rapat Penyamaan Persepsi Tugas dan Fungsi Gerakan PKK Sulsel

Pada hari ketiga, para peserta memasuki tahap terakhir untuk melakukan final presentation ke Board of Director KALLA. Sesuai dengan business case yang telah di bagi ke masing-masing team. Pada sesi terakhir, pemenang Kalla Future Leaders juga akan di umumkan bersamaan dengan gala dinner dan closing ceremony.

Sebelumnya para grand finalist juga-di-berikan fasilitas untuk menikmati wisata kuliner dan city tour.

Para Grandfinalist mendapatkan banyak benefit eksklusif di antaranya kesempatan untuk mendapatkan training senilai puluhan juta Rupiah. Kemudian grandprize juara pertama sebesar 20 Juta Rupiah, juara kedua sebesar 10 Juta Rupiah, juara ketiga sebesar 5 Juta Rupiah.

Tidak sampai di situ. Ketiga tim terbaik, juga akan mendapatkan Golden Ticket untuk mengikuti Program Management Trainee.

Belinda Azzahra Irwan Putri, salah satu peserta dari Universitas Indonesia (Wallstreet team) mengungkapkan bahwa mereka tertarik mengikuti Kalla Future Leaders 2022. Karena ini, merupakan salah satu kompetisi bisnis yang unik. Di mana menyediakan sesi bootcamp dan kunjungan langsung sehingga lebih challenging. Nurfadilah M. Rajab dari Universitas Indonesia (Kalla Youth Team) juga menjelaskan bahwa KALLA memiliki unit bisnis yang beragam dan terbesar di Indonesia Timur.

Baca Juga : Tingkatkan Pelayanan Lingkup Pemkot Makassar, Kabag Prokopim Gelar Pelatihan Keprotokoleran

“Hal ini tentu menjadi suatu kebanggaan karena 4 orang dari tim kami adalah anak rantau dari Sulawesi Selatan. Sehingga kami tergerak untuk mengembangkan perusahaan dan potensi ekonomi di Sulawesi Selatan melalui join program ini,” terangnya.

Dua perwakilan tuan rumah, yaitu Inayah Chintaki Makmur Zainuddin dari Politeknik Negeri Ujung Pandang (Prosa Team). Keduanya, juga merasa sangat termotivasi pada saat sesi Inspirational Talks dari Jusuf Kalla. “Kami merasa sangat surprised dengan kedatangan bapak Jusuf Kalla. Dan sangat excited dengan sharing beliau. Tentu menjadi motivasi untuk kami agar terus berkarya demi kemajuan bersama,” ujarnya.

Nur Islamiyah Angraeni dari Universitas Hasanuddin juga merasa bangga dapat kesempatan langka. Untuk mendengarkan cerita pengalaman bisnis dari bapak Jusuf Kalla yang dapat membangun bisnisnya yang terus eksis hingga saat ini.

Baca Juga : Diskominfo Makassar Gelar Lomba Foto Lorong Wisata, Catat Tanggal dan Syaratnya!

Falih Zuhdi Rizqullah dari Institut Teknologi Bandung (Laka Team) mengungkapkan tidak hanya untuk kepentingan final project. Kegiatan selama 3 hari ini berhasil membuat kami lebih dekat dengan dunia bisnis dan tantangan apa yang perlu kami solve sebagai future leaders.

Senada, Muhammad Anaf Abid, dari Institut Teknologi Bandung (Sukaria 4 team) juga mengungkapkan. Bahwa dia cukup beruntung mendapatkan pengalaman eksklusif selama 3 hari untuk lebih dekat dengan bisnis KALLA.

“Apa yang kami dapatkan dari Program Kalla Future Leaders banyak yang tidak kami dapatkan di kelas perkuliahan. Sehingga terlepas apapun hasilnya nanti, pengalaman ini sangat berharga buat kami. Terima kasih KALLA,” jelasnya.(AYL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button