News

Senin Depan 15 Januari, Delapan OPD Mulai Berkantor di Gedung Pinisi

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Gedung Pinisi atau Kantor Satu Atap akan mulai difungsikan untuk kegiatan perkantoran untuk 8 (delapan) Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba pada hari Senin 15 Januari 2024 mendatang.

OPD yang akan berkantor di Gedung Pinisi saat ini tengah melakukan aktifitas pemindahan barang dan dokumen dari kantor lama yang di gunakan selama ini.

Delapan OPD tersebut terbagi di lantai 2 dan 4, dengan susunan sebagai berikut:
Lantai 2 diisi oleh:
1. Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM
2. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
3. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga
4. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.
Lantai 3 diisi oleh
1. Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah
2. Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian
3. Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah
4. Inspektorat Daerah

Baca Juga: Bupati Andi Utta Harap 2024 Kinerja Aparatur Pemkab Bulukumba Bisa Lebih Baik

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Daud Kahal, menyampaikan bahwa berdasarkan arahan pimpinan dalam hal ini Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf, seluruh OPD yang akan berkantor di Gedung Phinisi sudah harus melakukan proses pemindahan dan pengaturan barang dan dokumen. Hal ini juga mengacu ke hasil rapat terkait pengelolaan Barang Milik Daerah di ruang Sekretaris Daerag Bulukumba yang-dipimpin Sekda Ali Saleng, Selasa 9 Januari 2023.

“Segala kebutuhan sarana dan prasarana juga sebagian besar telah disiapkan bersamaan dengan proses pembangunan Gedung Phinisi tahap 2 yang lalu,” ungkap Daud Kahal, Kamis 11 Januari 2024.

Lebih lanjut dia katakan bahwa dengan-difungsikannya Gedung Phinisi, maka aktivitas pelayanan publik dan penyelenggaraan administrasi pemerintahan akan lebih efisien dan efektif, dan masyarakat bisa menikmati kehadiran pelayanan pemerintah dalam wajah baru dengan desain gedung yang futuristik dan-dilengkapi dengan Food Court atau Pujasera di lantai 4 yang akan menawarkan berbagai jenis kuliner.

Baca Juga: Hanya 5 Bulan Jabat Kapolres Bulukumba, Andi Utta Doakan AKBP Supriyanto Sukses di Tempat Tugas Baru

Di lantai 4 juga terdapat bangunan fisik Perahu Pinisi dengan ukuran yang cukup besar dan bisa-disaksikan dari di berbagai arah di pusat kota Bulukumba.

“Ini menjadi tempat yang menarik untuk-dikunjungi dan-dinikmati oleh masyarakat,” ujar Daud Kahal.

Selain pujasera, di lantai 4 atau top floor juga terdapat satu ruang aula pertemuan cukup besar dan 3 ruang rapat di bawah bangunan perahu Pinisi.

Kepala Dinas PMD Hamrina A. Muri menyampaikan bahwa sebelumnya ia tidak pernah membayangkan memiliki kantor yang megah untuk lingkup pemerintah daerah sekelas Kabupaten Bulukumba.

“Pak Bupati kita memang orang yang visioner. Dengan gedung seperti ini, suasana kerja lebih nyaman dan terbuka. Apalagi di top floor ada tempat kuliner yang terbuka untuk umum.

Baca Juga: Sekda Pimpin Rapat Penempatan Counter di MPP Bulukumba

Sebelumnya, warga di salah satu desa di Kecamatan Rilau Ale, Bunga Nirwana yang pernah berkunjung ke gedung ini mengaku bersyukur bisa menikmati fasilitas gedung tersebut.

“Alhamdulillah gedung ini sangat bermanfaat. Bukan hanya ASN saja, tapi masyarakat umum juga bisa ke sini. Semoga Bapak Bupati di mudahkan untuk terus bekerja,” ujarnya.

Senada di sampaikan Takdir, warga Kecamatan Gantarang, ia mengatakan gedung ini punya magnet untuk di kunjungi.

“Di puncak gedung ini, ada Kapal Pinisi. Ketertarikan kita ke sini, bisa foto-foto. Apalagi kalau di puncak gedung, hampir seluruh wilayah kota bisa-diliat,” katanya. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button