NewsSulsel

Pemprov Sulsel Bangun Fasilitas Arsinum di Bantaeng, Aman dan Sehat

BANTAENG, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan atau Pemprov Sulsel bangun fasilitas Arsinum di Bantaeng. Dengan fasilitas itu, masyarakat di Kawasan Pesisir Desa Bonto Jai, Kecamatan Bisappu, Kabupaten Bantaeng akhirnya bisa menikmati manfaat hadirnya PSU air siap minum (arsinum) oleh Pemprov Sulsel.

Hadirnya Penyediaan prasarana, sarana serta utilitas (PSU) air siap minum (arsinum) menjadi salah satu program prioritas Pemprov Sulsel di bawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Dalam menghadirkan PSU Arsinum ini, Pemprov Sulsel bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).Teknologi Arsinum merupakan jawaban atas kebutuhan air siap minum untuk masyarakat. Teknologi Arsinum yang akan di pasangkan merupakan produk inovasi yang telah teruji dengan menggunakan serangkaian teknologi proses dan telah memenuhi standar air minum yang aman berdasarkan hasil uji laboratorium.

Baca Juga: Alih Teknologi Arsinum, Kadis Perkimtan Sulsel Juga Laksanakan Uji Coba dan Penyerahan Arsinum di Bulukumba

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, “Alhamdulillah, masyarakat Desa Bonto Jai di Kabupaten Bantaeng telah merasakan manfaat dalam mendapatkan air minum yang aman dan sehat dengan hadirnya teknologi Arsinum,” tuturnya, Senin (3/7/2023).

Lebih lanjut, kata orang nomor satu di Sulsel ini, bahwa Sasaran pembangunan PSU arsinun ini untuk diberikan kepada masyarakat kepulauan, pesisir, dan daerah rawan air minum layak dan aman.

“Kita berharap dengan adanya teknologi arsinum ini akan bermanfaat untuk masyarakat kita di kepulauan maupun di pesisir, sehingga masyarakat dapat menikmati air minum layak dan aman,” pungkasnya.

Masyarakat di kawasan Pesisir Desa Bonto Jai pun merasakan manfaat hadirnya teknologi arsinum ini.

Seperti di ungkapkan oleh salah seorang warga bernama Jabal Nur, “kami berterima kasih kepada Bapak Gubernur, Bapak Andi Sudirman Sulaiman atas bantuan pengolahan arsinum di Desa kami. Semoga tetap bermanfaat untuk masyarakat di sini dan bernilai ibadah di sisi Allah,” katanya.

Senada di ungkapkan oleh Ilham, “terima kasih kepada bapak Gubernur atas kontribusinya kepada desa kami, ini sangat luar biasa. Semoga bermanfaat untuk masyarakat di sini,” bebernya.

Baca Juga: Usai Hadirkan 2 Unit Arsinum, Pemprov Sulsel Bakal Bangun 4 Unit di Kepulauan Selayar

Untuk diketahui, dalam menghadirkan PSU Arsinum ini, di tahun 2022 lalu Pemprov Sulsel telah merealisasikan 10 unit. Sementara di tahun 2023 ini, sebanyak 11 unit.

Adapun untuk tahun ini, Empat di antaranya di Kabupaten Kepulauan Selayar, yakni Pulau Bahuluang, Desa Khusus Bahuluang, Kec. Bontosikuyu; Pulau Karumpa, Desa Karumpa, Kec. Pasilambena; Pulau Latondu, Desa Latondu, Kec. Takabonerate; Pulau Tarupa, Desa Tarupa, Kec. Takabonerate.

Dua unit akan di bangun di wilayah kepulauan di Pangkep, yakni Pulau Salemo, Desa Mattiro Bombang, Kec. Tuppabiring Utara; dan Pulau Saugi, Desa Mattirobaji, Kec. Tuppabiring Utara.

Serta akan di bangun lainnya, Dusun Pulau Kambuno, Desa Pulau Harapan, Kec. Pulau Sembilan, Kab. Sinjai; Kawasan Pesisir Desa Bonto Jai, Kec. Bisappu, Kab. Bantaeng; Kawasan Pesisir Lingkungan Gusunge, Kel. Kalumeme, Kec. Ujungbulu, Kab. Bulukumba; Kawasan Pesisir di Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombalia, Kec. Marusu, Kab. Maros; dan Kawasan Pesisir Kel. Langnga, Kec. Mattiro Sompe, Kab. Pinrang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button