EkonomiNewsNusantaraSulsel

Buka Fesyar KTI, Gubernur Andi Sudirman Dorong Akselerasi Ekonomi Syariah Untuk Pemberdayaan Masyarakat

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman membuka Festival Ekonomi Syariah Kawasan Timur Indonesia (Fesyar KTI) di Hotel Claro, Makassar, Kamis 28 Juli 2022. Ia bersama Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Ibu Aida S. Budiman membuka kegiatan yang-diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Dengan mengusung tema “Sinergi Ekonomi dan Keuangan Syariah KTI untuk Memperkuat Pemulihan Ekonomi KTI yang Inklusif”, akan berlangsung hingga tanggal 31 Juli 2022.

“Alhamdulillah, merasa senang Kota Makassar, Sulsel menjadi tuan rumah pada acara Fesyar yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga: Fokus Gubernur Andi Sudirman, Begini Tahapan Ruas Tun Abdul Razak

Indonesia sebagai negara yang memiliki penduduk muslim besar. Karena itu,diharapkan ini menjadi peluang kedepan menuju pemulihan ekonomi. Ia juga mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Sulawesi Selatan. “Pemprov Sulsel terus mendorong investasi dalam rangka pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Termasuk investasi terkait produk-produk unggulan di Sulsel,” bebernya.

Dia berharap, ini akan memberikan dampak untuk pengembangan ekonomi syariah. Sulawesi Selatan memiliki potensi dan peluang yang besar untuk mengembangkan ekonomi syariah.

“Pengembangan Sulawesi Selatan menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah sangat mungkin untuk-dilakukan. Termasuk dengan menjadikan Sulsel sebagai pangsa pasar untuk produk halal. Apalagi di dukung mayoritas penduduk beragama Islam. Salah satu potensi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Sulawesi Selatan terletak pada sektor pariwisata utamanya melalui wisata halal. Potensi pengembangan ekonomi syariah juga bisa-dilihat pada industri perhotelan dan restoran. Termasuk melalui sertifikasi halal untuk memberikan jaminan produk dan kepuasan pelanggan,” jelasnya.

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman Hadiri Rapat Pimpinan PDIP Sulsel

Melalui kegiatan ini, kata Andi Sudirman, akan melahirkan inovasi dan akseslerasi program-program pemberdayaan yang berbasis masyarakat maju. Sebagai pusat ekonomi syariah di Kawasan Indonesia Timur.

“Untuk mewujudkan (pengembangan ekonomi syariah),diperlukan sinergitas dan kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Forkopimda. Dan unsur terkait lainnya, baik dan edukasi dan pelaksanaan ekonomi syariah. Semoga ini akan menjadi peluang untuk bangkit dari pemulihan ekonomi,” jelasnya.

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman Resmikan Dua Proyek Pembangunan Melalui Bantuan Keuangan Provinsi Sulsel 2021 di Maros

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara menyampaikan, bahwa-diharapkan melalui ekonomi syariah akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. Terlebih ekonomi syariah memiliki pangsa pasar yang besar.

Turut hadir di antaranya Asisten Gubernur Bank Indonesia, Dwi Pranoto. Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, Forkopimda Sulsel, Kepala Perwakilan BI Sulsel Causa Iman Karana. Para kepala Perwakilan BI se-KTI; Kepala OJK Regional 6, Darwisman; Ketua MUI Sulsel; serta pimpinan Perbankan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button