EkonomiNewsNusantaraSulsel

Mandiri Benih Tingkatkan Hasil Panen Petani Sinjai

# Ucapkan Terima Kasih ke Gubernur Sulsel

SINJAI, NEWSURBAN.ID β€” Benih padi andalan melalui program Mandiri Benih oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Sinjai mulai memasuki musim panen. Terbukti, Mandiri Benih tingkatkan hasil panen petani Sinjai.

Mandiri Benih ini, merupakan program prioritas Pemprov Sulsel, inisiatif Gubernur Andi Sudirman. Hal ini, untuk memberikan bantuan benih gratis yang unggul. Selain itu, benih yang-dibagikan ke masyarakat minim penggunaan bahan kimia.

Selain itu, penangkaran juga di lakukan di Sulsel sendiri oleh Instalasi kebun benih milik Pemprov kerjasama dengan para petani penangkar.

Sementara, target bantuan benih ini, untuk 100 ribu hektare lahan pertanian, yang tersebar di Kabupaten/Kota di Sulsel.

Baca Juga:Dinkes Sulsel Laksanakan Monev Aksi Stop Stunting

Rabu 3 Agustus 2022, sebanyak 3 hektar lahan yang-ditanami benih padi gratis dari Pemprov Sulsel sudah panen. Hasil panennya , kali ini lebih meningkat jika dari hasil panen tahun sebelumnya.

Ansar Yunus selaku Ketua Gapoktan Bulo-Bulo di Sinjai mengaku program ini sangat membantu petani. “Alhamdulillah setelah adanya bantuan benih unggul dari bapak Gubernur, kita petani sangat bersyukur. Kalau kita bandingkan tahun lalu, hasil panen 2021 itu 5-6 ton per hektare. Setelah menerima bantuan benih unggul dari Bapak Gubernur, petani kami bisa mencapai 6,5 sampai 7,3 ton per hektare,” ungkapnya, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga:Β Petani di Maros Bisa Panen Padi 8 Ton Berkat Mandiri Benih

Dimana dalam setiap hektar lahan pertanian, ditanami 25 kg benih dari Mandiri benih Pemprov Sulsel.

β€œKami sebagai petani merasa bersyukur dan kami sangat merasakan manfaatnya dengan adanya bantuan benih unggul ini melalui program mandiri benih oleh bapak Gubernur Andi Sudirman Sulaeman. Kalau kita bandingkan tahun-tahun yang lalu, produktivitas kami tahun ini meningkat. Tahun-tahun sebelumnya sangat rendah. Karena kami hanya menggunakan benih turun temurun. Setelah adanya bantuan ini, hasil panen petani ada peningkatan,” tuturnya.

Baca Juga:Β Program Mandiri Benih, Gubernur Sulsel Telah Salurkan Bantuan 1,2 Juta Kg

Dia juga berharap program inisiatif Gubernur Sulsel Andi Sudirman ini, akan terus berlanjut. β€œKita harap bantuannya dapat terus berlanjut. Karena bibit ini unggul dan cocok dengan kondisi tanah kami,” bebernya.

Untuk di Kabupaten Sinjai, Pemprov Sulsel telah menyalurkan benih untuk musim tanam April-September 2022 sebanyak 65,75 ton benih. Benih itu, untuk 2.630 hektare lahan pertanian. Sasarannya, sebanyak 5.067 orang petani di Kabupaten Sinjai. (cr/*)

# Mandiri Benih Tingkatkan Hasil Panen Petani Sinjai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button