NewsNusantaraSulsel

Bupati Andi Utta Serahkan Bantuan Baznas Bulukumba

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Di sela Apel Gabungan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba, Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf menyerahkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional/ Baznas Bulukumba, Senin 15 Agustus 2022.

Penyerahan bantuan tersebut merupakan pelaksanaan dari program Baznas selama ini, yaitu bidang kesehatan dan kemanusiaan, bidang pemberdayaan ekonomi mustahik, dan bidang pendidikan dan dakwah.

“Bantuan-bantuan tersebut merupakan bentuk pendayagunaan dana ZIS para ASN, pengusaha dan masyarakat luas yang telah dihimpun oleh Baznas Bulukumba,” kata Wakil Ketua Baznas, HM Yusuf Sandhy.

Baca Juga: Tingkatkan Penerimaan PAD, Bupati Andi Utta Serahkan Barcode QRIS

Lebih rinci, Yusuf Sandhy menyampaikan untuk program dakwah meliputi pemberian sound system untuk masjid dan majelis taklim, bidang pendidikan dengan pemberian bantuan untuk siswa berprestasi, bantuan pendidikan untuk siswa/mahasiswa dhuafa, bantuan penyelesaian studi untuk sarjana dan pasca-sarjana, fasilitasi pembelian pakaian seragam dan alat tulis untuk siswa dhuafa dan anak tidak sekolah (ATS).

Sementara untuk bidang kesehatan meliputi pemberian bantuan biaya pengobatan fakir miskin, dan bantuan pelunasan tunggakan BPJS Kesehatan untuk dhuafa.

Selanjutnya di bidang melalui Bulukumba PEDULI, Baznas memberikan pengadaan 20 unit rumah tinggal layak huni (RUTILAHU) untuk keluarga tidak mampu, di masing-masing kecamatan.

Terakhir untuk bidang ekonomi, pemberian modal dan alat usaha untuk 30 paket Z-Mart dan usaha Z-CHICKEN, di 10 kecamatan, yang semuanya-diperuntukkan bagi keluarga fakir miskin.

Baca Juga: Tingkatkan Produk Sayuran, Bupati Andi Utta Launching Si Petarung Emas

Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf menyampaikan kepada para penerima agar bantuan tersebut-dimanfaatkan dengan baik.

Bagi penerima bantuan pendidikan untuk lebih giat belajar lebih berprestasi. Begitu pula dengan yang mendapat modal usaha untuk bersungguh-sungguh menjalankan usahanya agar lebih meningkat ke depan.

“Saya berharap pergunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa membantu kesejahteraan keluarga,” kata Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan usaha, Firmansyah menyampaikan terima kasih kepada Baznas Bulukumba karena telah memberikan bantuan modal usaha.

Baca Juga: Kunjungi Rumah Sakit, Andi Utta Motivasi Pasien

Menurutnya, bantuan seperti itu sangat membantu generasi muda seperti dia yang sementara merintis usaha. Banyak pemuda, lanjutnya ingin merintis usaha tapi terkendala modal.

“Alhamdulillah bantuan ini sangat membantu mengembangkan usaha kami kedepan,” kata Firmansyah. Firmansyah saat ini merintis usaha ayam goreng krispi dan geprek di Caile.

Sebelum merintis usaha ayam gorengnya, Firmansyah mengaku bekerja sebagai karyawan di gudang salah satu perusahaan di Bulukumba.

“Akhirnya saya memilih usaha sendiri, karena usaha ini saya anggap lebih prospek ke depan,” ungkapnya.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan Baznas tersebut, Wakil Bupati Andi Edy Manaf, Sekretaris Daerah Muh. Ali Saleng, dan dua anggota Baznas, HM Nur dan Ince Darmawan Sonda. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button