MetroNewsNusantara

Puluhan Ribu Peserta Karnaval Merdeka Toleransi Tumpah di Kota Makassar, Pangdam XIV Hasanuddin Puji Gagasan Kemenag Sulsel

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Saat Mentari pagi mulai muncul di Ufuk Timur Kota Makassar, Puluhan Ribu Peserta Kegiatan Karnaval Merdeka Toleransi yang digelar oleh Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulsel bekerjasama dengan Pemprov Sulsel, Polda Sulsel, Kodam XIV Hasanuddin dan FKUB Sulsel sudah menyemut di Lapangan Karebosi Kota Makassar, Sabtu (20/8/2022).

Kegiatan Karnaval ini merupakan salahsatu bagian dari Event Pekan Merdeka Toleransi Sulsel 2022 yang berlangsung sejak tanggal 13 – 20 Agustus 2022 yang digagas langsung oleh Kakanwil Kemenag Prov Sulsel H. Khaeroni dan-didukung oleh berbagai elemen. Termasuk Majelis Lintas Agama di Sulsel, mulai dari Dialog Toleransi di Hotel Gammara, Pementasan Sendratari Bhineka Tunggal Ika di Hotel Claro. Kemah Merdeka Toleransi di Pakkatto Gowa, Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 juga di Pakkatto Gowa. Dan, Khutbah Seragam Bertema Toleransi se Sulsel, serta puncaknya adalah kegiatan Karnaval di Lapangan Karebosi Makassar.

Baca Juga: Pentas Seni Merdeka Toleransi Tampilkan 200 Penari

Sejumlah petinggi dan Pejabat tampak hadir di podium Utama. Di antaranya Gubernur Sulsel, Ketua DPRD Sulsel, Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel. Rektor UIN Alauddin dan UIM Makassar, Ketua dan Pengurus FKUB Sulsel. Para Pimpinan Majelis dan Wali Agama di Sulsel, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel, Kapolda Sulsel, Kaban Kesbangpol Sulsel, Sejumlah Kakankemenag Kab. Kota se-Sulsel, Perwakilan dari Ormas dan OKP Lintas Agama dan Pengurus DWP Kanwil Kemenag Sulsel.

Peserta yang menggunakan pakaian beranekaragam dengan tema Keagamaan dan Kebudayaan mulai berbondong-bondong menyerbu Lapangan Karebosi. Yang merupakan lapangan terbesar dan terluas di Kota Makassar. Mereka berasal dari ASN Kemenag dari 8 Kabupaten Kota, Komunitas umat lintas Agama, Ormas dan OKP Keagamaan. Serta Pasukan TNI serta masyarakat umum.

Acara Apel Kebangsaan yang mengawali Karnaval diisi dengan Pembacaan Deklarasi Karebosi dan Penandatanganan Piagam Karebosi oleh Forkopimda Sulsel. Dan Tokoh Lintas Agama serta Penyerahan Penghargaan kepada Kakanwil Kemenag Sulsel, Gubernur Sulsel, Ketua FKUB Sulsel, Kepala Badan Kesbangpol Pemprov. Sulsel dari Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM yang-diserahkan oleh La Ode Ahmad Pidana Bolombo, staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Baca Juga: Bupati Adnan Dukung Pelaksanaan Kemah Merdeka Toleransi

Kakanwil Kemenag Sulsel H. Khaeroni dalam sambutannya mengatakan melihat Antusiasme Peserta Karnaval Merdeka Toleransi,diperkirakan Jumlah peserta yang hadir sekitar 20 ribuan.

“Ini melebihi ekpektasi yang telah direncanakan sebelumnya, olehnya itu selaku Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel saya haturkan terima kasih atas attensi dari semua pihak dan kehadiranta semua. Hal ini juga membuktikan bahwa Warga Sulsel Solid dan Bersatu dalam keragaman Agama dan Budaya, olehnya itu mari jaga kebersamaan ini seterusnya,” ungkap Khaeroni.

Sementara itu, Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki yang menjadi inspektur Apel Kebangsaan menyampaikan kekagumannya kepada Kanwil Kementerian Agama. Atas gagasannya menggelar Event Besar Pekan Merdeka Toleransi dengan membangun sinergi dengan berbagai Komponen bangsa lainnya di Sulsel.

“Hari ini, Kementerian Agama Sulsel bersama sejumlah pihak memperlihatkan pengabdian. Sumbangsih dan kerja kerasnya dalam membantu perjalanan bangsa ini. Di samping memeriahkan HUT ke 77 RI, juga sebagai ajang untuk menumbuhkan sikap toleransi beragama dan bermasyarakat di tengah keberagaman,” Puji Pangdam XIV Hasanuddin.

Baca Juga: Ribuan Masyarakat Gowa Antusias Ikuti Gerak Jalan Santai HUT ke-77 RI

Di depan puluhan ribu peserta Karnaval, Panglima berdarah Sulsel ini juga menilai kegiatan Pekan Merdeka Toleransi ini telah membuktikan kembali akan sejarah perjuangan para pendahulu.

“Walaupun berbeda latarbelakang, suku, Agama, Ras, Golongan, namun dengan persatuan yang kuat. Kita berhasil merebut kemerdekaan dari penjajahan. Saatnya giliran kita selaku generasi pelanjut menjadikan kebersamaan ini menjadi perekat bagi kita. Dalam mempertahankan persatuan demi tegaknya kedaulatan NKRI. Sekaligus mengisi kemerdekaan tersebut dengan hal yang bermanfaat bagi bangsa dan negara kita,” Paparnya.

Pawai dan Karnaval ini mengambil Rute Lapangan Karebosi, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Karunrung, Jalan Ahmad Yani mutar sampai Lapangan Karebosi kembali.

Baca Juga: Kemenag dan Kemenhaj Bahas Kebijakan Penyelenggaraan Umrah 1444 H, Ini Hasilnya

“Panitia sudah menyiapkan sejumlah Doorprize dan hadiah hiburan lainnya dari Kemenag Sulsel dan Bank Syariah Mandiri (BSI) Makassar” Jelas H. Mulyadi selaku Koordinator Karnaval Merdeka Toleransi.

Yang unik dari Karnaval Merdeka Toleransi Sulsel tahun 2022 ini adalah seluruh peserta di suguhi sejumlah atraksi. Di antaranya Marchin Band dari berbagai Madrasah di Kota Makassar, Persembahan Barongsai dari Matakin (Khonghuchu). Musik Patrol dari Santri Pondok Pesantren, dan barisan unik seperti iring iringan Kendaraan tempur dan Panser. Serta Pasukan dari TNI Kodam XIV Hasanuddin, Barisan Jemaah An-Nazir dari Kab. Gowa, Barisan dari Jemaah Tarekat Khalwatiah Maros serta warga Suku Kajang Bulukumba. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button