NewsNusantaraSulsel
Trending

Realisasi Kinerja SKPD Maksimal, DPRD Apresiasi LKPJ Bupati Gowa

GOWA, NEWSURBAN.ID โ€” Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa mengapresiasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban/ LKPJ Bupati Gowa Tahun Anggaran 2021. Pemerintah Kabupaten Gowa dianggap tetap mampu berjalan dengan baik meskipun di tengah pandemi Covid-19.

Bahkan rata-rata berdasarkan laporan yang di sampaikan masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Gowa menyebutkan realisasi kinerja berjalan dengan baik dan maksimal.

โ€œSecara nyata kami mengapresiasi kinerja pemerintah daerah yang terus melakukan percepatan dalam menjalankan pemerintahan. Termasuk terkait laporan realisasi kinerja dari SKPD yang di laporkan hasilnya rata-rata mencapai 90 sampai 100 persen,โ€ kata Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Gowa, Asnawi Syam saat menyampaikan Rekomendasi DPRD Kabupaten Gowa terhadap LKPJ Bupati Gowa Tahun Anggaran 2021 pada Rapat Paripurna DPRD Gowa di Kantor DPRD Kabupaten Gowa, Selasa (10/5).

Baca Juga: Perekonomian Gowa Tumbuh 7.26%, Sektor Pertanian Sumbang 28%

Terutama kata Asnawi Syam pada Program Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupatan, seperti Pendidikan dan Kesehatan Gratis. Dia menyebutkan progam ini tetap bisa berjalan dengan baik dengan menggandeng sejumlah perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

โ€œKami memberikan apresiasi sebab pemerintah dengan baik menjalankan programnya. Terkhusus dalam penyelenggaraan kesehatan gratis maupun program pendidikan gratis. Termasuk juga program kerjasama dengan perguruan-perguruan tinggi berkaitan dengan peningkatan SDM dengan menggunakan biaya pemerintah,โ€ ungkapnya.

Walaupun demikian, Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mewakili Pansus DPRD Kabupaten Gowa tetap memberikan beberapa rekomendasi. Terhadap LKPJ Bupati Gowa Tahun Anggaran 2021. Salah satunya dirinya berharap agar dalam pengerjaan pembangunan harus tetap mengutamakan kualitas.

Baca Juga:Didatangi Bupati Gowa Saat Ujian, Siswa SDI Tinggimae Senang

โ€œDPRD Kabupaten Gowa sebagai bagian dari penyelenggara pemerintahan daerah dalam melakukan pembahasan senantiasa objektif. Dan tetap bersikap kritis dan konstruktif dalam melakukan evaluasi dan koreksi terhadap penyelenggaraan pemerintahan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pansus DPRD Kabupaten Gowa. Yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk melakukan pembahasan terhadap LKPJ Bupati Gowa Tahun Anggaran 2021 bersama dengan SKPD terkait.

Adnan menjelaskan bahwa LKPJ ini merupakan realisasi dari Amanat Undang-undang No. 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Yang mengatakan bahwa Kepala Daerah di wajibkan menyampaikan Laporan Peyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemeritahan Daerah. Laporan ini, dia sampaikan kepada DPRD yang di lakukan satu kali dalam satu bulan dan paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Baca Juga: Kerja Sama Kagama Pemkab Gowaย Canangkan Desa Inklusif

โ€œRekomendasi yang di berikan ini berupa catatan-catatan strategis ini tentu berisikan saran, dan masukan. Atau koreksi terhadap penyelenggaraan urusan kewenangan daerah dan juga tugas pembantuan selama tahun anggaran 2021,โ€ kata Adnan.

Orang nomor satu di Gowa ini juga mengatakan bahwa hasil rekomendasi ini, akan menjadi bahan perbaikan bagi SKPD terkait,sebagai penanggung jawab urusan. Sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam mengambil kebijakan di masa yang akan datang. Terkait penyusuan program dan kegiatan serta penggunaan anggaran yang lebih efektif dan efisien.

โ€œAda beberapa rekomendasi dari Pansus, saya berharap para pimpinan SKPD yang hadir langsung mendengarkan. Agar langsung bisa menindaklanjuti apa-apa yang menjadi rekomendasi,โ€ harap Adnan.

Turut hadir dalam rapat paripurna ini, Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni, Forkopimda Kabupaten Gowa; Sekretaris Deaeah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina, Staf Ahli, Asiste, Pimpinan SKPD, Camat dan Kepala Bagian Lingkup Pemkab Gowa. (jn/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button