HiburanNewsPariwisataSulsel

Dua Kapal Pinisi dari Bulukumba Ikut Memeriahkan F8 Makassar

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Makassar Internasional Eight Festival and Forum atau F8 Makassar akan kembali digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada 7-11 September 2022.

F8 adalah festival seni, budaya, dan hiburan yang terdiri dari 8 kegiatan yang di mulai dengan huruf F yaitu food, flower, fashion, film, fiction writer, fussion jazz, folk, dan fine art.

Dalam event ini, Pemerintah Kota Makassar mengundang dua Kapal Layar Motor (KLM) dari Bulukumba untuk ambil bagian atau berpartisipasi dalam event yang masuk pada 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi.

KLM Bulukumba yang di undang adalah KLM Pinisi Panrita Lopi dan KLM Pesona Bira. Kedua kapal ini bertolak dari Bantilang Tana Beru Kecamatan Bontobahari pada hari Senin 5 September sekitar pukul 22.00 WITA malam.

Pelepasan ini hadir oleh Sekretaris Daerah Muh Ali Saleng bersama Kepala Syahbandar Bulukumba sekaligus menyerahkan dokumen pelayaran menuju Pantai Losari Makassar.

Baca juga: Kunker ke Bulukumba, Ini Disampaikan Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni

Ali Saleng mengatakan undangan berpartisipasi dalam kegiatan F8 Kota Makassar ini menjadi kebanggan tersendiri warga Bulukumba khususnya Kecamatan Bontobahari.

“Artinya eksistensi warga Bulukumba, khususnya pengrajin kapal Pinisi sebagai Warisan Budaya Dunia Takbenda mendapat atensi dari Pemerintah Kota Makassar,” ungkapnya.

Mantan Kadis Pariwisata ini juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Syahbandar Bulukumba bersama jajarannya. Dalam mendukung misi pelayaran kedua kapal Pinisi asal Bulukumba ini dalam menghadiri event F8.

Baca juga: Danny Tinjau Kawasan Baru Peruntukan Pintu Masuk F8 Makassar

“Sebelum bertolak pihak Syahbandar terlebih dahulu melakukan pengecekan dan sea trial serta uji mesin kedua KLM Pinisi tersebut sebelum memberikan dokumen pelayaran menuju Pantai Losari Makassar,” ungkap Ali Saleng.

KLM Pesona Bira terlebih dahulu tiba di lokasi, di sambut Walikota Makassar Ramdhan Pomanto, Selasa sore 6 September.

Walikota Makassar di dampingi beberapa pejabat Pemkot Makassar dan Panitia Pelaksana F8 Makassar. Langsung melakukan trip singkat menggunakan KLM Pesona Bira untuk menikmati sunset di atas KLM Pesona Bira, di sekitar perairan Central Point Indonesia (CPI).

Baca juga: Cegah Macet, Dishub Makassar Rekayasa Jalur Lalu Lintas Sekitar Area F8

Sementara KLM Pinisi Panrita Lopi di sambut oleh Kadis Kebudayaan Kota Makassar, Andi Herfida Attas di dampingi jajaran pejabat dan staf Dikbud Makassar.

KLM Pinisi Panrita Lopi langsung mengambil posisi di samping KLM Pinisi Pusaka Nusantara yang telah lebih dahulu sandar di dermaga yang telah menyiapkan. Khusus untuk perhelatan tahunan F8 di Pantai Losari Makassar.

Baca juga: Jelang Pembukaan Makassar F8, Koopsud II Gelar Latihan Terjunkan Tiga Sukhoi

Kabid Humas Bulukumba, Andi Ayatullah Ahmad menyampaikan, bahwa selain keberadaan dua kapal Pinisi asal Bulukumba yang mengikuti F8. Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf juga telah meminta koleganya H. Anwar, pemilik KLM Pinisi Dakwah Maksud Hidup untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan budaya ini.

“Partisipasi kapal Pinisi ini, tentu semakin mengenalkan Bulukumba sebagai daerah pembuat perahu Pinisi,” kata Andi Ayatullah Ahmad. (*)

Berikut 5 Kapal Pinisi yang ikut meramaikan F8 Makassar yaitu :
– Pesona Bira
– Pinisi Panrita Lopi
– Pinisi Pusaka Indonesia
– Hakata Blue Ocean
– Dakwah Maksud Hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com