NewsNusantaraPeristiwaSulsel

Tim Pemburu Basmi 31 Ekor Hama Babi di Desa Bontobarua

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Perburuan hama babi kembali-dilaksanakan oleh Tim Pemburu Babi Bulukumba. Kali ini wilayah yang menjadi sasaran perburuan adalah Desa Bontobarua Kecamatan Bontotiro, Minggu 25 September 2022.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Thaiyeb Maningkasi menyampaikan, setelah jeda beberapa pekan, pihaknya kembali melanjutkan perburuan babi. Dengan melibatkan atau mengajak warga untuk berpartisipasi agar hama yang merusak pertanian warga semakin berkurang.

Kepala Desa Bontobarua, Andi Kaharuddin Titi menyambut baik perburuan babi ini. Menurutnya hasil yang di dapatkan cukup bagus karena bisa membasmi 31 ekor babi.

Baca Juga: Sebanyak 54 Babi di Karassing Berhasil-Dimusnahkan

“Ada 31 ekor babi berhasil kita basmi. Tim yang terdiri dari 16 mobil bergerak dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore,” ungkap Kaharuddin.

Dia mengatakan, perburuan babi ini sangat membantu mengurangi babi yang menjadi hama. Dan merusak tanaman warga petani yang kebanyakan menanam jagung.

Kaharuddin berharap dengan metode berburu babi ini, penggunaan jerat strom listrik dapat juga-diminimalkan oleh masyarakat. Penggunaan jerat listrik biasanya-dipakai petani saat tanaman jagung baru mulai tumbuh.

“Di wilayah kami, sudah beberapa kali ada korban meninggal karena terkena jerat listrik milik sendiri,” bebernya.

Baca Juga: Produk Tas Anyaman Lontar Atap Konjo, Harumkan Bulukumba di Kancah Nasional

Untuk diketahui program pemberantasan hama babi oleh Pemkab Bulukumba yang dinahkodahi Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf dan Wabup Andi Edy Manaf merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi hasil pertanian dan perkebunan. Kegiatan perburuan babi ini sudah dimulai sejak tahun lalu.

Perburuan ini juga-dimaksudkan untuk meningkatkan kebersamaan dan gotong royong warga Bulukumba. Untuk bersama-sama memberantas hama babi, oleh karena hama babi ini menjadi sangat mengganggu dan merugikan masyarakat.

Dengan demikian pelaksanaan perburuan babi sedapat mungkin-dilaksanakan setiap hari Minggu di daerah yang banyak hama babinya. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com