NewsNusantaraSulsel

MIN 3 Bulukumba Raih Adiwiyata Tingkat Provinsi

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Madrasah Ibtidaiyah Negeri atau MIN 3 Bulukumba raih Adiwiyata tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Sekolah yang beralamat di Desa Batukaropa Kecamatan Rilau Ale berhasil meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi mengungguli sekolah lainnya.

MIN 3 Bulukumba satu-satunya sekolah dari Bulukumba yang meraih penghargaan Adiwiyata tersebut dan berhak maju pada penilaian Adiwiyata tingkat nasional tahun 2022.

Penghargaan sekolah peduli lingkungan hidup ini dari Gubernur Sulawesi Selatan diserahkan oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf, kepada Kepala MIN 3 Bulukumba, Fauziah di sela Apel Gabungan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba di halaman Kantor Bupati, Senin 26 September 2022.

Baca Juga: Produk Tas Anyaman Lontar Atap Konjo, Harumkan Bulukumba di Kancah Nasional

Kepala MIN 3 Bulukumba, Fauziah mengungkapkan penghargaan tersebut menjadi motivasi tersendiri bagi pihaknya di madrasah untuk lebih berbuat, berkinerja dan berinovasi sebagaimana arahan Bupati Bulukumba saat memimpin apel gabungan.

Ia mengaku beberapa tahun terakhir, madrasahnya mendorong gerakan peduli lingkungan, baik oleh para siswa maupun dari para guru.

“Semua warga madrasah terlibat di dalamnya, termasuk warga setempat dalam menjaga lingkungan madrasah dan sekitarnya,” ungkap Fauziah.

Baca Juga: Perbatasan Bulukumba-Sinjai di Desa Kambuno Mulai Mulus

Tidak hanya implementasi di lapangan seperti menanam dan memelihara pohon. Ternyata Fauziah mengaku materi pembelajaran tentang lingkungan hidup-diselipkan di beberapa mata pelajaran. Yang di ajarkan kepada siswa madrasah.

“Misalnya dalam pelajaran matematika atau IPA, kami integrasikan dengan pembelajaran atau materi lingkungan,” ungkapnya.

Syamsul Bahri dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai pendamping. Mengaku untuk tahun ini hanya mengusulkan MIN 3 Bulukumba ikut ajang Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi. Pihaknya tidak ingin mengusulkan sekolah Adiwiyata jika sekolah tersebut tidak mampu atau belum siap.

Baca Juga: Pemkab Bulukumba Terima BKN Award 2022

“Alhamdulillah MIN 3 Bulukumba mampu meraih Adiwiyata tingkat Provinsi, sehingga mempersiapkan sekolah ini untuk penilaian Adiwiyata tingkat nasional,” kata Bahri sapaan akrabnya.

Dalam penerimaan penghargaan tersebut, Kepala MIN 3 Bulukumba didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Bulukumba, HM Yunus. Seluruh madrasah negeri, baik tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah maupun Aliyah di Kabupaten Bulukumba berada di bawah naungan Kantor Kementerian Agama. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button