NewsSulsel

Pemkab Bulukumba Terima BKN Award 2022

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba menerima penghargaan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) berupa BKN Award 2022 untuk kategori Penilaian Kompetensi.

BKN Award 2022 ini-diserahkan oleh Wakil Kepala BKN RI, Supranawa Yusuf kepada Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf di Baruga Pattingalloang. Penyerahan itu Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan di Makassar, Selasa 20 September 2022.

BKN memberikan kewenangan melakukan pembinaan dalam penyelenggaraan manajemen ASN secara nasional. Dengan memberikan penghargaan bagi Instansi Pemerintah Pusat dan Instansi Daerah melalui BKN Award 2022.

Baca juga: Gowa Terima Penghargaan Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dari BKN

Dalam kategori BKN Award ini, Kabupaten Bulukumba sebagai Pemerintah Kabupaten Wilayah Tengah Tipe Besar, mendapat penghargaan bersama Kabupaten Sinjai, Takalar, Jeneponto dan Buleleng.

Penghargaan diberikan bagi Instansi Pemerintah yang dinilai telah berhasil melaksanakan penyelenggaraan manajemen ASN di lingkupnya masing-masing, mulai dari aspek pengadaan, proses bisnis kepegawaian, manajemen kinerja, penerapan Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK), sampai dengan pemanfaatan layanan digital ASN.

Untuk kategori Instansi Pemerintah yang penilaian meliputi Instansi Pusat. Yakni terdiri dari Kementerian dan Lembaga Negara/Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK). Serta Instansi Daerah yang terdiri dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, serta Pemerintah Kota.

Adapun penilaian BKN Award 2022 dibagi menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu:

Pertama, kategori utama berupa Implementasi Manajemen ASN Terbaik. Kedua, kategori elemen implementasi manajemen ASN dan pemanfaatan sistem informasi yang mencakup Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian; Penilaian Kompetensi; Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja; Penerapan Pemanfaatan Data – Sistem Informasi dan CAT.

Sedangkan ketiga, kategori special mention yakni Pilot Project SIASN; dan Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian BKN.

Baca juga: Bupati Andi Utta Resmikan 10 Unit Rutilahu

Selain sebagai bentuk apresiasi atas komitmen penyelenggaraan manajemen ASN. Pemberian BKN Award bagi pengelola kepegawaian di lingkup Instansi Pusat dan Instansi Daerah. Hal ini mengharapkan menjadi pemacu peningkatan kualitas pengelolaan ASN. Khususnya dalam mendukung sistem manajemen ASN berbasis sistem merit.

Wakil Bupati Andi Edy Manaf menyebut penghargaan BKN Award dengan kategori Penilaian Kompetensi ini menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem merit di lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba sudah on the track.

“Artinya penilaian BKN terhadap pelaksanaan sistem merit di Bulukumba benar-benar sudah dilakukan dengan baik,” ungkapnya.

“Tentu penghargaan ini juga menjadi pemicu untuk terus meningkatkan kualitas manajemen birokrasi,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com