NewsSulsel

Gowa Terima Pengahrgaan Pegelola Dana Desa Terbaik di Sulsel

GOWA, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terima penghargaan sebagai pengelola Dana Desa Terbaik di Sulawesi Selatan (Sulsel). Penghargaan diterima dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan pada Desiminasi Kajian Fiskal Regional Sulawesi Selatan di Hotel Claro Makassar, Rabu (27/9) kemarin.

Kepala Kanwil-Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan, Supendi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gowa mendapat penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan kinerja baik dalam pengelolaan dana desa.

“Penghargaan ini atas pencapaian Kabupaten Gowa sebagai pemerintah daerah dengan kinerja pengelolaan dana desa terbaik di semester 1 tahun 2023 kategori Pemda lebih dari 100 desa,” ujarnya.

Baca Juga: Jajaran Pemkab Gowa Gerak Cepat Lakukan Pemadaman Kebakaran Hutan di Malino

Supendi menyebutkan ada beberapa yang menjadi indikator penilaian kinerja dalam penyaluran dana desa, yaitu kinerja realisasi dan penyerapan dana desa, kecepatan dalam menyampaikan laporan realisasi belanja dana desa dan BLT Desa.

“Kemudian kepatuhan dalam menyampaikan syarat penyaluran dana desa,” kata Supendi.

Supendi juga mengapresiasi lebijakan Pemerintah Kabupaten Gowa yang melakukan pendelegasian kewenangan penandatangan surat pengatar permintaan penyaluran dana desa kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gowa.

Baca Juga: Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemkab Gowa Bagikan 2.520 Bakul Maudu Ke Masyarakat

Menurutnya kebijakan ini meringkas birokrasi sehingga berpangaruh pada akselerasi penyaluran dana desa. Di mana sebelum 2023 pengantar permintaan penyaluran dan desa di tandatangani oleh Kepala BPKAD.

“Kebijakan Bupati Gowa yang mendelegasikan kewenangan penandatangan surat pengantar permintaan penyaluran dana desa kepada Kepala Dinas PMD. Sebagai penanggungjawab pembinaan pengelolaan dana desa patut di apresiasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Gowa, Muh. Basir mengatakan bahwa suatu kebanggaan Pemkab Gowa kembali mendapatkan penghargaan.

Baca Juga: Bupati Adnan Komitmen Atasi Masalah Sampah di Gowa

“Ahamdulillah ini tentu berkat kerja kita bersama. Bagaimana bekerja dengan baik sesuai dengan aturan. Dan tentu ini tidak lepas sari peran para pengelola dana desa yang ada di desa,” ungkapnya.

Penghargaan ini di terima langsung oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Gowa, Indra Wahyudi Yusuf mewakili Bupati Gowa. (JN/*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button