NewsSulsel

Pj Sekda Gowa Terima Kunjungan Pj Bupati Bone di Makam Pahlawan Arung Palakka di Gowa

GOWA, NEWSURBAN.ID — Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania menerima kunjungan Pj  Bupati Bone, Andi Islamuddin beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Bone di Kabupaten Gowa.

Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan ziarah makam pahlawan yakni Raja Bone Ke-15 Arung Palakka dan Sultan Hasanuddin yang merupakan rutinitas tahunan Pemkab Bone jelang Peringatan Hari Jadi Bone pada April mendatang.

“Hari ini kami menerima kunjungan bapak Pj Bupati Bone bersama jajaran di Makam Arung Palakka sebagai salah satu rangkaian rutin mereka dalam peringatan Hari Jadi Bone, sehingga kami menerima dengan baik sekaligus ikut mendampingi sampai ke Makam Sultan Hasanuddin,” ungkap Abdul Karim Dania usai melakukan ziarah makam, Sabtu (2/3).

Baca Juga: Dekranasda Gowa Pamerkan Sarung Sutera Cura’ Labba di Inacraft 2024

Ia berharap melalui kunjungan ini kerjasama dan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Gowa. Dan Pemerintah Kabupaten Bone dapat terus terjalin sebagai bagian yang tidak terpisahkan. Khususnya dalam memajukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara Pj. Bupati Bone, Andi Islamuddin menyampaikan, dia bersama jajaran telah melakukan ziarah makam pahlawan Raja-Raja Bone sejak 26 Februari kemarin. Dan hari ini mengunjungi Kabupaten Gowa karena salah satu makam Raja Bone di makamkan di Kabupaten Gowa.

“Ini adalah kegiatan rutin kita jelang Ulang Tahun atau Hari Jadi Kabupaten Bone. Dan sebelum puncaknya kita awali dengan ziarah makam. Jadi kami keliling ke beberapa kabupaten mulai tanggal 26 Februari kemarin, kami ke Bulukumba untuk ziarah makam Raja Bone yang Ke-9. Kemudian ke Bantaeng ziarah makam Raja Bone Ke-11, kemudian ke Jakarta Raja Bone yang ke-31. Dan kembali hari ini kami ziarah makam di makam Raja Bone Ke-15 Arung Palakka,” ungkapnya.

Baca Juga: Buka MTQ Ke-45, Wabup Gowa Harap Kemampuan Peserta Semakin Berkembang

Ia menyebut, ziarah makam ini juga-dilakukan untuk terus menanamkan rasa kecintaan, patriotisme dan terima kasih selaku anak-anak bangsa. Kepada pahlawan Raja Bone yang dengan perjuangannya terdahulu sehingga Bone bisa menjadi seperti sekarang ini.

“Tanpa beliau, Raja-raja Bone, kita tidak akan mungkin bisa seperti sekarang ini. Selain itu kami mencoba menjadikan ziarah makam ini sebagai spirit dan semangat. Untuk bisa berbuat dan berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia,” jelasnya.

Olehnya pada kesempatan itu, dia mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa. Karena mampu menerima dengan baik setiap tahunnya. Apalagi dari sejarahnya Kabupaten Gowa dan Kabupaten Bone merupakan satu kesatuan yang tidak bisa-dipisahkan. Terbukti Raja Bone Arung Palakka ini di makamkan di Kabupaten Gowa.

“Kami berterimakasih dan mengapresiasi jajaran Pemkab Gowa, sudah menjadi kewajiban kita untuk senantiasa menjaga silaturahmi ini, menjaga ikatan batin ini. Agar apa yang telah di ikrarkan oleh Raja kita ini dapat kita lestarikan dan lanjutkan secara bersama-sama,” tutupnya. (nh/*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button