MetroNews

Atasi Kebakaran Lorong, Danny Serahkan 53 Unit Damtor

Alternatif Pertolongan Pertama Kebakaran, Danny Bagikan 53 Unit Damtor

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID  Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyerahkan 53 unit Pemadam Kebakaran Motor (Damtor) kepada 15 camat se Kota Makassar, di Mako Damkar Kota Makassar, Kamis (13/10/2022).

Damtor ini disebut sebagai bagian dari sistem penanggulangan kebakaran. Mulai dari Pemadam Kebakaran Lorong (Peka Rong) bertindak sebagai stasiun kemudian Damtor dan tim Pemadam Kebakaran yang nantinya bergerak di lapangan.

Kata Danny, di dalam ilmu memadamkan api ada waktu emas yakni empat menit awal yang menjadi penentuan kebakaran itu bisa menjadi besar atau tidak. Memakan banyak korban atau tidak.

Baca Juga : LAN Makassar Gelar Seminar, Dahyal Suguhkan Inovasi e-Ro’ta dan Raih Dua Penghargaan

Karenanya, Damtor ini di hadirkan sebagai alternatif pertolongan pertama dalam mengantisipasi ruang-ruang sempit di Lorong jika terjadi kebakaran.

Sistemnya sendiri jika terjadi kebakaran Damtor ini dengan sigap melaju lebih dahulu untuk memadamkan api sambil menunggu tim Damkar tiba juga di lokasi.

Danny juga berencana menyiapkan selimut api dan melengkapi Peka Rong dengan tangki dan pompa air di seluruh Lorong Wisata.

“Sistem yang kami rancang ini hasil dari analisis teman-teman Damkar. Kita sebar Damtor di setiap kelurahan dan setiap Lorong Wisata ada Peka Lorongnya dengan kelengkapan Selimut api. Jadi api di ruang sempit akan diantisipasi lewat Peka Lorong dan langsung dibantu oleh Damtor,” ucap Danny.

Untuk pengoperasian Damtor, Danny melibatkan relawan-relawan Damkar yang berasal dari Batalyon 120 yang sudah terbina agar mereka bisa berdaya guna memaksimalkan energinya dalam menjaga kota ini.

“Sementara di latih mereka, tugasnya membantu Peka Rong yang ada di Damtor memadamkan api awal dan membantu petugas Damkar jika sudah datang,” sebutnya.

Baca Juga : Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemkab Gowa Bagikan 2.061 Kanre Maudu’

Sementara, Kepala Dinas Kebakaran Kota Makassar, Hasanuddin mengungkapkan total Damtor yang akan di salurkan sebanyak 153 unit. Sesuai dengan jumlah kelurahan yang ada di Kota Makassar.

Untuk tahun ini Damtor di salurkan sebanyak 53 unit dan tahun depan akan segera di tambah 100 unit.

“Jadi insya Allah tahun depan sudah tersalurkan semua 153 unit. Pengoperasiannya ini akan di lakukan sama anggota Batalyon 120 yang mendaftar menjadi relawan Damkar sebanyak 306 orang dan kami latih,”tuturnya.

Ia juga mengungkapkan jika kapasitas air untuk satu unit Damtor yakni 1 kubik atau 1.000 liter air. Dengan jangkauan radius lebih dari 200 meter. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com