MetroNewsNusantara

Cegah Macet, Dishub Makassar Rekayasa Jalur Lalu Lintas Sekitar Area F8

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar telah mematangkan rekayasa jalur lalu lintas menjelang Makassar International Eight Festival and Forum atau Makassar F8.

Ratusan petugas akan ditempatkan di sejumlah titik untuk mengatur kondisi arus lalu lintas, agar kemacetan tidak mengular.

Dishub Makassar juga sudah menyediakan tempat atau kantong parkir bagi pengunjung maupun tamu undangan Makassar F8.

Baca Juga: Atraksi Sukhoi Ramaikan F8, Warga Di imbau Tak Terbangkan Drone dan Balon Udara di Wilayah Ini

Seperti di bekas taman gajah,digunakan sebagai parkiran kendaraan roda dua atau motor.

“Di eks taman gajah (taman GMTD) satuan ruang parkirnya bisa menampung 200 motor,” kata Kepala Dishub Makassar, Iman Hud, Senin, (5/09).

Tidak jauh dari bekas taman gajah, tepatnya di taman Samsat, juga di jadikan sebagai kantong parkir bagi kendaraan roda dua. Satuan ruang parkirnya dapat menampung 200 motor.

Baca Juga: GMPK Sulsel Ajak Masyarakat Sukseskan Penyelenggaraan Makassar F8 2022

“Termasuk di dekat kayu bangkoa (sekitaran hotel MGH) 150 satuan ruang parkirnya untuk roda dua,” sebut Iman Hud.

Untuk parkiran kendaraan roda empat atau mobil, Dishub Makassar telah menyiapkan tempat di area kawasan CPI, sisi utara. Bisa menampung 200 mobil.

“Ini sebagai titik parkiran utama atau VIP. Titik parkir utama ini, di hari pembukaan Makassar F8 juga bakal-dijadikan tempat pendaratan pasukan terjun payung. Sehingga,difungsikan sekitar pukul 18.00 WITA atau jam 6 magrib,” jelas Iman Hud.

Baca Juga: Pengamanan Makassar F8, TNI Polri Turunkan 130 Personil

Dinas Perhubungan Makassar juga menutup sebagian ruas jalan Penghibur dan Lamadukelleng. Penutupan sebagian jalan Lamadukelleng, bisa-digunakan sebagai tempat parkiran kendaraan.

“Sekitar 300 personel akan-ditempatkan di lokasi yang sudah-ditentukan untuk mengarahkan kendaraan ke jalur yang sesuai dengan rekayasa lalu lintas. Tentunya, untuk mengurai kemacetan,” kunci Iman Hud.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungam Makassar, Syafran menambahkan, di titik parkiran utama roda dua. Juga merupakan area pintu masuk 1 bagi pengunjung Makassar F8.

“Ada tambahan terkait penyediaan kantong-kantong parkir roda empat, sebagian besar-dialokasikan ke kawasan CPI, akan-dikoordinasikan agar dekat lego-lego di jadikan kantong parkir (roda empat). Terkait operasional parkir,dishub berkoordinasi dengan PD Parkir,” tambahnya.

Baca Juga: Makassar F8, Pangkoopsud II Siap Dukung Danny Hadirkan Sukhoi

Berikut rekayasa lalu lintas di sekitaran lokasi penyelenggaraan Makassar F8:

1. Jalan Ratulangi-Haji Bau satu arah dari timur ke barat menuju jalan Metro Tanjung Bunga, belokan ke kanan Jalan Penghibur,ditutup atau-diblok.

2. Dari jalan Metro Tanjung Bunga, belokan kiri ke Jalan Penghibur-ditutup (area drop off). Kendaraan harus belok kanan ke Jalan HM Saleh (samping Rumah Jabatan Wali Kota) untuk menuju ke Jalan Arief Rate.

3. Dari Jalan Arief Rate, kendaraan bisa masuk ke Jalan Yosep Latumahina untuk menuju ke Jalan Penghibur. Selanjutnya, belok kanan ke Jalan Maipa. Sebagian jalan Penghibur tembusan ke Datu Museng,ditutup.

4. Dari Jalan Maipa ke Lamadukelleng, belokan kanan-ditutup. Kendaraan harus belok kiri ke Jalan Hasanuddin.

5. Jalan Datu Museng berubah arah, dari barat ke timur menjadi timur ke barat. Kendaraan tidak boleh lurus ke ujung pembelokan Rumah Sakit Stella Maris. Harus belok ke Jalan KH H Ahmad Dahlan.

Baca Juga: F8 Makassar Hadir Kembali, Danny Pomanto: Perhotelan Silahkan Ambil Peluang

6. Kendaraan dari Jalan Sombaopu tidak boleh belok kiri ke Jalan Datu Museng. Harus belok kanan ke Jalan Penghibur.

7. Kendaraan dari Jalan Penghibur tidak boleh lurus langsung ke Jalan Pasar Ikan atau Jalan Ujung Pandang (area drop off). Harus belok kanan ke Jalan Bau Massepe.

8. Kendaraan dari Jalan Pasar Ikan atau Jalan Ujung Pandang bisa lurus langsung ke Jalan Penghibur sampai ke area drop off (pembelokan Jalan Bau Massepe dan Jalan Wahab Taru).

9. Kendaraan dari Jalan Arief Rate tidak boleh lurus langsung ke Jalan Cenderawasih dan kiri ke Jalan Haji Bau. Harus belok kanan ke Jalan Haji Bau.

10. Kendaraan dari arah Jalan Cenderawasih tidak boleh lurus langsung ke Jalan Arief Rate. Harus belok kiri ke Jalan Haji Bau.

11. Kendaraan dari Jalan Rajawali harus belok kiri ke Jalan Metro Tanjung Bunga

Pelaksanaan Makassar F8 ini,diketahui bakal berlangsung selama lima hari di pelataran anjungan Pantai Losari. Yakni, dari Rabu 7 September hingga Minggu 11 September 2022. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button