NewsNusantaraSulsel

Pengurus PMI dan Pemerintah Kecamatan Bonsel Siap Dukung Program PMI Gowa

GOWA, NEWSURBAN.ID — Pengurus PMI dan Pemerintah Kecamatan Bontonompo Selatan siap mendukung Program PMI Gowa. Hal itu, disampaikan Ketua PMI Kecamatan Bonsel, Muh Salim usai di lantik Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gowa. Abdul Rauf melantik Pengurus PMI Kecamatan Bonsel) di Aula Kantor Camat Bonsel, Jum’at (14/10).

Tidak berbeda dengan kecamatan sebelumnya, di Kecamatan Bonsel, Abd Rauf dalam arahannya berharap para pengurus PMI kecamatan agar bisa menjalankan amanah dengan baik penuh keikhlasan dan kesukarelaan. Hal ini sejalan dengan tujuh prinsip dasar PMI, yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan.

“Dalam mengurus organisasi PMI, dibutuhkan keikhlasan, kesukarelaan mengabdi untuk kemanusiaan, karena pengurus PMI tidak digaji. Saya percaya bahwa saudara-saudara yang baru dilantik ini mampu dan cakap untuk mengemban amanah sebagai pengurus PMI Kecamatan Bontonompo Selatan,” ujarnya.

Baca Juga: Buka Turnamen Minisoccer IKA Unhas, Adnan: Kini Gowa Jadi Pilihan Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Wakil Bupati Gowa ini menyebutkan salah satu tugas PMI adalah membantu ketersediaan kantong darah. Karena itu, dia mengajak pengurus PMI kecamatan untuk aktif dan mengajak masyarakat ikut donor darah.

“Selain kita bisa membantu masyarakat yang membutuhkan, donor darah juga baik untuk kesehatan. Dengan rutin donor darah tubuh kita akan semakin sehat. Karena darah yang ada pada diri kita akan terganti dengan darah yang baru,” jelasnya.

Selain itu, pada kesempatan ini, agar bisa menjalankan program-program PMI di bidang kemanusiaan, Abd Rauf berharap PMI di kecamatan dapat bersinergi dengan pemerintah setempat. Menurutnya, PMI adalah mitra strategis pemerintah dalam melakukan kerja-kerja kemanusiaan.

Baca Juga: Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemkab Gowa Bagikan 2.061 Kanre Maudu

“PMI kecamatan harus membangun kemitraan yang baik dengan pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan. Termasuk dengan lembaga lainnya, bersama pemerintah PMI di tuntut untuk berada di garda terdepan dalam menangani tugas di bidang kemanusiaan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kecamatan Bonsel, Muh Salim mengaku siap mendukung program-program kemanusiaan PMI Kabupaten Gowa. Menurutnya program PMI Gowa ini tiada lain untuk masyarakat.

“Insya Allah kami akan melaksanakan kegiatan kemanusiaan dengan sungguh-sungguh dan kesukarelaan untuk bangsa dan negara Indonesia ini,” tandasnya.

Baca Juga: PMI Bajeng Di harap Masyarakat Terus Bekerja untuk Kemanusiaan

Camat Bonsel, Daniyal Opo selaku pelindung PMI Kecamatan Bonsel mengatakan pemerintah kecamatan Bonsel siap mendukung dan menjalankan seluruh program kemanusiaan PMI Kecamatan Bonsel terutama donor darah. Menurutnya, ini merupakan program yang sangat mulia.

Dia mengungkapkan selama ini kerjasama PMI dan pemerintah di Kecamatan Bonsel sudah berjalan dengan baik. Daniyal mengatakan sebelum di adakan pelantikan, Pemerintah dan PMI Kecamatan Bosel, melaksanakan donor darah secara sukarela di Aula Kantor Camat dengan 176 pendaftar dan 100 orang yang bisa berdonor.

“Program yang di lakukan oleh PMI bekerjasama dengan masyarakat ini di lakukan 4 bulan 1 kali. Mudah-mudahan ini bisa semakin meningkat dan kami berharap kepada seluruh kepala desa, dusun, instansi terkait yang selama ini sangat mendukung dan berbaur dan masyarakatnya menjaga kekompakan, persatuan dan kesatuan,” harapnya.

Baca Juga: Pemkab Gowa Siapkan Bantuan Bagi Warga yang Tidak Tercover BLT Pemerintah Pusat

Usai melakukan pelantikan di Bonsel, Abd Rauf juga melakukan pelantikan Pengurus PMI Kecamatan Bontonompo di Halaman Kantor Camat Bontonompo.

Turut hadir dalam pelantikan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Selaku Dewan Kehormatan PMI Kabupaten Gowa, Kamsina. Jajaran Pengurus PMI Kabupaten Gowa dan tokoh masyarakat setempat. (JN/AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com