MetroNews

353 Tahun Sulsel, Gubernur Andi Sudirman Resmikan Arsinum Pulau Liukang Loe Bulukumba

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID 10 Unit fasilitas air siap minum (Arsinum) telah diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, salah satu unitnya ada di pulau Liukang Loe Kecamatan Bontobahari.

Peresmian itu ditandai oleh penandatanganan Prasasti Teknologi Pengolahan Arsinum oleh Gubernur Andi Sudirman pada Rapat Paripurna DPRD Sulsel dengan agenda 353 Tahun Sulawesi Selatan, Rabu 19 Oktober 2022.

Saat peresmian, beberapa stakeholder hadir menyaksikan melalui Zoom di lokasi Arsinum pulau Liukang Loe, diantaranya Asisten Administrasi Pembangunan, Asdar Bennu, Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Andy, Camat Bontobahari, A Syamsir Patunru, Sekretaris PUTR, Syafriadi, Kabid Humas Diskominfo Andi Ayatullah Ahmad, Kepala Desa Bira, Murlawa dan Kepala Dusun Muhammad Sukardi serta beberapa warga Liukang Loe.

Baca Juga : Kenakan Baju Adat Kajang, Kakanwil Kemenag Sulsel Langitkan Doa di HUT Sulsel ke 353

Teknologi Pengolahan Arsinum (Air siap minum) merupakan salah satu program prioritas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman tahun 2022 ini. Peruntukannya kepada masyarakat kepulauan, pesisir, dan daerah rawan air minum layak dan aman.

“Alhamdulillah, hari ini telah di resmikan 10 titik teknologi pengolahan Arsinum pada 8 Kabupaten/Kota di Sulsel,” kata Andi Sudirman.

Menurutnya, peningkatan kualitas air sangat penting dan utamanya air minum bagi masyarakat.

“Semoga dengan adanya Arsinum ini akan bermanfaat untuk masyarakat kita di kepulauan dan pesisir, sehingga dapat menikmati air minum layak dan aman,” jelasnya.

Kepala Dusun Liukang Loe, Muhammad Sukardi menyampaikan terima kasih atas bantuan Arsinum dari pemerintah. Dengan fasilitas Arsinum tersebut, lanjutnya, warganya tidak perlu lagi membeli air galon di sebelah (Tanjung Bira).

Baca Juga : Gus Yaqut Teken Permenag 73 2022, Memuat 16 Jenis Kekerasan Seksual

“Kami tidak perlu lagi beli air galon, karena produksi air ini sudah langsung bisa di minum,” beber Sukardi.

Untuk di ketahui, Arsinum ini adalah teknologi yang mengubah air payau menjadi air tawar, lalu di olah kembali menjadi air minum. Anggaran 1 unit Arsinum sekitar Rp844 juta.

Berikut 10 Titik Arsinum yang di resmikan oleh Gubernur Sulsel

  1. Desa Bontoborusu Kecamatan Bontoharu Selayar,
  2. Desa Menara Indah Bonto matene, Kepulauan Selayar,
  3. Pulau Kanalo II Kecamatan Pulau Sembilan Sinjai,
  4. Pulau Liukang Loe Bontobahari Bulukumba,
  5. Pulau Pannikiang Balusu Barru,
  6. Pulau Podang-Podang Desa Mattiro Dolangeng Pangkep,
  7. Pulau Salebbo Mattirowalie, Liukang Tuppabiring Utara Pangkep,
  8. Pulau Libukang, Bontorannu Bangkala Jeneponto,
  9. Desa Mattirotasi Mattito Sompe Pinrang,
  10. Desa Patongloan Baroko Enrekang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button