NewsNusantaraPolitikSulsel

Abd Rauf Harap Panwascam Bantu Meminmalkan Pelanggaran Tahapan Pilkada

# Hadiri Pelantikan Panwascam

GOWA, NEWSURBAN.ID — Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni berharap kehadiran Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) bantu minimalisir segala bentuk pelanggaran pada tahapan pemilihan pada tahun 2024 khususnya di wilayah masing-masing.

Dia mengungkapkan hal ini, saat menghadiri pelantikan dan pembekalan Panwaslu Kecamatan se- Kabupaten Gowa pada Pemilu Serentak Tahun 2024, di Hotel Empress Makassar, Kamis (27/10).

Abd Rauf menyebut pada 2024 akan di adakan pemilihan Legislatif. Dalam hal ini DPRD kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, dan Pemilihan Presiden, pemilihan DPD. Serta kepala daerah serentak. Sehingga untuk dapat mensukseskan pesta demokrasi tersebut keseriusan dan kenetralan serta keterlibatan Panwascam sangat di butuhkan.

Baca Juga: Pemkab Dorong UMKM Gowa Terdaftar Dalam Aplikasi Data KUMKM

“Peran serta kita semua akan sangat menentukan hasil Pemilu dan Pilkada ini menjadi bermutu bermartabat di mata semua orang. Sehingga tiap tahapan pemilu harus terlaksana sesuai aturan dan minim bentuk pelanggaran,” ungkapnya.

Karena itu, ia meminta komitmen bersama akan menciptakan setiap tahapan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 bebas dari pengaruh politik. Dan penggunaan Sara dalam kampanye Pilkada.

“Bawaslu dan segenap jajarannya termasuk Panwascam harus bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaiamna cara pencegahan pelanggaran tersebut. Sehingga masyarakat memahami dan tidak mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di wilayah kabupaten Gowa,” jelasnya.

Baca Juga: Kontingen Gowa Kumpulkan 40 Medali Porprov Sulsel

Sementara Ketua Bawaslu Gowa, Samsuar Saleh mengatakan jumlah Panwascam yang di lantik hari ini sebanyak 54 orang. Di mana setiap kecamatan terpilih tiga orang yang akan bertugas mengawasi setiap tahapan pemilu serentak 2024 sejak di lantik.

“Setiap saat anda mendengar Pakta Integritas, yang merupakan sebuah sumpah. Yang harus anda pegang terus selama bertugas sampai berakhirnya masa tugas anda menjaga demokrasi di Kabupaten Gowa,” katanya.

Selain itu, Samsuar Saleh mengaku zona merah yang melekat di Kabupaten Gowa perlahan mulai lepas. Namun untuk mempertahankan dan meningkatkan hal itu di butuhkan kerja keras dari jajaran Bawsmu bersama Panwascam yang bertugas di wilayahnya.

Baca Juga: Emas Regu Bulu Tangkis Porprov XVII: Makassar Kunci Putri, Gowa Sektor Putra

“Alhamdulillah zona merah yang melekat di Kabupaten Gowa perlahan sudah mulai terlepas, dan jangan menjadi merah kembali. Tentu perlu kerja keras untuk mempertahankan predikat hijau dan sebisa mungkin mempetakan titik kerawanan di setiap wilayah. Sekaligus melihat titik rawan mana yang ada di wilayah masing-masing,” lanjutnya.

Pada pelantikan ini turut dihadiri Kapolres Gowa, Dandim 1409 Gowa, Kajari Gowa, Kepla Badan Kesbangpol Gowa, dan Ketua KPU Kabupaten Gowa. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com