NewsNusantaraSulsel

Peringatan Hari Kesehatan Nasional di Bulukumba Kembali Meriah Pasca Covid-19

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Pasca pandemi Covid-19, peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) kembali dilaksanakan secara meriah setelah dua tahun sebelumnya vakum karena adanya pembatasan.

Pada peringatan HKN ke 58 tahun 2022 para stakeholder kesehatan yang dipelopori oleh Dinas Kesehatan menggelar berbagai rangkaian acara, baik lomba, dan bakti sosial, termasuk puncak acara melalui upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 di halaman Kantor Bupati Senin 14 November 2022.

Sekretaris Dinas Kesehatan, Moh Rifai menyampaikan bahwa pada HKN tahun ini juga melibatkan berbagai stakeholder, baik itu dari klinik, apotek maupun organisasi profesi kesehatan seperti IDI dan PPNI.

“Kita menggelar sunatan gratis di 21 puskesmas dan Alhamdulillah dapat melayani 180 lebih anak,” ungkap Rifai.

Baca Juga: Pilkades di Bulukumba Tuntas, Kadis PMD: Cakades Terpilih-Dilantik Desember

Adapun berbagai lomba antar puskesmas yang di laksanakan. Di antaranya lomba senam kebugaran dan senam Prolanis, lomba menu sehat, lomba mengaji, lomba Fashion Week dan berbagai lomba yang sifatnya menghibur.

Kegiatan lomba-dipusatkan di GOR Matajang yang-dihadiri oleh ribuan orang pada Minggu 13 November 2022.

“Lomba ini,digelar dalam rangka mempererat persaudaraan keluarga besar Dinas Kesehatan maupun dengan para stakeholder kesehatan di Kabupaten Bulukumba,” ungkapnya.

Sementara itu, pada upacara Peringatan HKN ke 58, Bupati Bulukumba selaku inspektur upacara membacakan sambutan seragam Menteri Kesehatan, Budi G. Sadikin.

Baca Juga: Peringati HKN ke 58, RSUD Bulukumba Gelar Jalan Santai

Menteri Kesehatan Republik Indonesia dalam sambutannya menyampaikan HKN ke-58 Tahun 2022 mengangkat tema “Bangkit lndonesiaku, Sehat Negeriku”.

Tema ini, untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat lndonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi COVID-19. Sehingga masyarakat lndonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar lndonesia kembali bangkit dan kembali sehat.

“Tantangan yang kita hadapi sangat berat. Semua negara, di seluruh dunia, sedang menghadapi ujian. Krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19 belum sepenuhnya pulih. Namun, di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, lndonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini,” kata Bupati Andi Utta.

Baca Juga: Hasil Pilkades di Bulukumba, 9 Incumbent Tumbang

lndonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi COVID-19. Termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia. Dengan total 442 juta dosis vaksin telah mendapatkan suntikan sampai dengan Oktober 2022.

Meski menghadapi prioritas pada penanganan COVID-19, pada saat yang sama pemerintah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya. Yang merupakan program prioritas nasional. Seperti penurunan Angka Kematian lbu (AKl) dan Angka Kematian Bayi(AKB), menurunkan angka stunting pada balita. Kemudian, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

Usai upacara, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menyerahkan secara simbolis kendaraan roda 2 untuk operasional Puskesmas Keliling kepada 14 puskesmas.

Adapun kegiatan HKN ke 58 tahun 2022,diakhiri dengan Ramah Tamah di Hotel Agri pada Senin malam, 14 November 2022. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com