NewsNusantaraSulsel

Pemeliharaan Kompetensi Selam Scuba Diver, Basarnas Sulsel Maksimalkan Penyelamatan Korban Tenggelam

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Badan SAR Nasional Sulawesi Selatan atau Basarnas Sulsel makukan pemeliharaan kompetensi selam ‘Scuba Diver’ personel. Ini, merupakan upaya Basarnas Sulsel untuk untuk maksimalkan penyelamatan korban tenggelam yang belakangan kerap terjadi.

Sebagai instansi yang bertugas membantu tugas Presiden menyelenggarakan pelayanan jasa SAR di wilayah Indonesia. Basarnas-dituntut mampu memberikan respons cepat atas setiap laporan yang membutuhkan pencarian dan pertolongan.

Baca Juga: Tingkatkan Keterampilan Personil, Basarnas Sulsel Bimtek P3K

“Sebagian besar kejadian yang membutuhkan layanan SAR terjadi di air. Mengingat luas wilayah perairan, jumlah sungai yang terbentang. Serta tempat wisata pantai, air terjun, dan danau yang kerap di kunjungi warga. Di tambah alur pelayaran kapal juga transportasi sungai menambah tinggi risiko terjadinya korban tenggelam,” kata Kepala Kantor Basarnas Sulsel Dr Djunaidi SSos MM saat membuka kegiatan pada Kamis (24/11/20220).

Ia juga menyampaikan bahwa kompetensi selam ‘scuba diver’ sangat di perlukan bagi personel. Utamanya yang menjabat sebagai pranata pencarian dan pertolongan (Rescuer).

Baca Juga: KLM Al Mubarok Hilang Kontak, Basarnas Sulsel Mengerahkan KN Sar Kamajaya 104 Lakukan Pencarian

Pemeliharaan kompetensi ini di tujukan untuk menunjang kegiatan pencarian dan pertolongan di air. Sehingga efektivitas pencarian korban bisa di tingkatkan.

Kegiatan yang akan-dilaksanakan tanggal 24 sampai 27 November 2022 ini melibatkan Instruktur dari SSI (Scuba School International). Peserta akan mendapatkan sertifikat kepada personel yang lulus.

Baca Juga: 18 Jam Pencarian, Tim Basarnas Temukan Pemilik Kapal yang Tenggelam di Paotere

Kegiatan akan di bagi jadi beberapa sesi, penerimaan materi dasar selam scuba, praktik di kolam dan di laut.

Sertifikasi ini penting sebagai dasar bagi tim penolong melakukan penyelaman yang aman. Ini juga untuk melindungi keselamatan personel saat melaksanakan tugas mencari dalam air.

Baca Juga: SAR Gabungan Temukan Korban Tenggelam di Bila Riase Sidrap

Selain melibatkan 20 personel Basarnas Sulsel sebagai peserta, kegiatan ini juga di ikuti 3 orang prajurit dari Kopasgat TNI AU. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button