NewsPariwisataSulsel

Hadiri Pemilihan Duta Anak 2023, Sekda Gowa Motivasi 27 Peserta

GOWA, NEWSURBAN.ID — Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina membuka langsung Kongres Anak dengan tema Peningkatan Kapasitas Forum Anak Kabupaten Gowa melalui Pemilihan Duta Anak Kabupaten Gowa tahun 2023 yang berlangsung di Aula Wisata Kampar, Desa Panciro Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sabtu (10/6).

Di hadapan seluruh peserta Duta Anak Kabupaten Gowa, Kamsina memberikan motivasinya. Menurutnya, Forum Anak dapat menjadi wadah dalam rangka pengembangan pemenuhan hak, partisipasi anak yang di bentuk secara berjenjang. Mulai dari tingkat nasional hingga tingkat kabupaten.

“Forum Anak sebagai wadah partisipasi anak juga memiliki andil yang besar dalam mengawal proses perumusan pembangunan melalui Musrenbang. Meskipun masih kadang minim dengan melibatkan anak. Sehingga kalian yang hadir di sini, yang menjadi calon Duta Anak adalah orang-orang terpilih yang kedepannya mampu membesarkan Kabupaten Gowa,” kata Kamsina.

Baca Juga: Monev PPID Kabupaten Gowa Diharap Hasilkan Langkah Konkret Untuk Peningkatan Pelayanan Publik

Menurutnya, Duta Anak sebagai ikon anak untuk menjadi perwakilan tiap daerah agar bisa menyuarakan hak anak juga sebagai agen 2P. Yaitu Pelopor dan Pelapor serta berfungsi memberikan inovasi, hak dan kewajiban. Sebagai tutor terbaik dan menjalankan tugas untuk mencapai kesejahteraan anak di wilayah Kabupaten Gowa.

“Kegiatan pemilihan Duta Anak ini merupakan salah satu indikator dari Kabupaten Layak Anak. Juga bertujuan agar anak bisa menyalurkan bakat dan kreativitasnya sehingga dapat mencetak Duta anak sebagai inovasi dari Forum Anak. Dan mewujudkan Kabupaten layak anak (KLA),” kata Sekda Gowa ini.

Ia juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pemilihan Duta Anak ini.

“Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan ajang pemilihan Duta Anak ini, selain salah satu indikator penilaian Kabupaten/Kota Layak. Anak juga merupakan media atau wahana masyarakat unjuk prestasi, kreativitas dan kaya inovatif,” pungkasnya.

Baca Juga: Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Gowa Masuk Zona Hijau

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gowa, Kawaidah Alham menuturkan, Forum Anak sebagai wadah partisipasi peran. Dalam pembangunan memiliki andil dalam pembangunan generasi emas melalui kegiatan-kegiatan positif. Untuk memperjuangkan hak-hak anak dan berperan sebagai agen 2P yaitu Pelopor dan Pelapor.

“Maka dari itu, melalui kegiatan Pemilihan Duta Anak 2023. Di harapkan Forum Anak dapat memaksimalkan menjalankan perannya sebagai agen 2P,” kata Kawaidah.

Untuk pemilihan Duta Anak Kabupaten Gowa tahun 2023 ini di ikuti 27 peserta. Di mana 4 peserta laki-laki dan 23 peserta perempuan.

“27 peserta ini tentunya telah melewati sejumlah Tahapan hingga sampai pada titik ini puncaknya pemilihan Duta Anak 2023,” ujarnya.

Baca Juga: Berkunjung ke Museum Balla Lompoa, Pemkab Gowa Sambut Istri Panglima TNI

Pada penyelenggaraan kegiatan ini, Kawaidah menyampaikan pula tujuan di laksanakannya Pemilihan Duta Anak ini.

“Tentu, salah satu tujuan dari pemilihan Duta Anak Kabupaten Gowa sebagai jembatan aspirasi antara anak-anak dan pemerintah,” tuturnya.

Dari 27 peserta Duta Anak Kabupaten Gowa 2023 ini, terpilih 16 besar. Selanjutnya akan mengikuti penilaian untuk mendapatkan empat orang terbaik. (af/up)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button