EkonomiNewsNusantaraSulsel

Meski Krisis Ekonomi, Ma’ruf Amin: Sulsel Tumbuh Impresif

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengakui, bahwa ekonomi Provinsi Sulawesi Selatan bisa survive di tengah krisis ekonomi.

Hal itu diungkapkan oleh Wapres RI saat menghadiri Silaturahmi Sivitas Akademika UMI dan melaunching Z-Mart UMI Baznas Sulsel, di Gedung Auditorium Al Jibra Kampus 2 UMI, Makassar, Sabtu 3 Desember 2022.

“Pengalaman dari rentetan krisis ekonomi terdahulu, ekonomi Sulawesi Selatan justru tumbuh impresif. Tepat ekonomi global bergejolak, di saat pandemi pun demikian. Kinerja perekonomian Sulsel lebih baik di bandingkan rata-rata nasional, yakni tumbuh 4,65 persen pada tahun 2021,” ungkapnya.

Baca Juga: Keputusan Pemegang Saham 100% Konversi, Wapres Apresiasi jadi BPD Syariah Universal

Menurutnya, Sulsel memiliki potensi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah Nasional dari kawasan Timur Indonesia,

“Sulsel sebagai sentra pertanian, perikanan, dan perdagangan,” ungkapnya.

Ia pun mengapresiasi langkah Pemprov Sulsel yang bisa meningkatkan hasil pertanian, yakni produksi padi di Sulsel akan mengalami kenaikan menjadi 5.341.021 ton untuk akhir 2022 ini, atau naik 250.384 ton jika di bandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Usai Wajo, Gubernur Andi Sudirman Dampingi Wapres RI Berkunjung ke UMI

“Saya sudah dikasih tahu oleh pak gubernur bahwa tahun ini pertaniannya meningkat 250 ribu ton,” ujarnya.

Wapres juga mengungkapkan alasan menguatnya ekonomi Indonesia. Pertama, pemulihan ekonomi berjalan di jalur yang tepat. Indeks manufaktur ekspansif, ekspor terus tumbuh, dan surplus neraca perdagangan terus membesar.

“kita bersyukur, dukungan fundamental ekonomi yang kuat, serta pilihan kebijakan yang tepat, mampu membawa perekonomian Indonesia tumbuh 5,72 persen pada triwulan ketiga tahun 2022 ini,” ungkapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button