NewsNusantaraSulsel

Disparpora Bulukumba Catat Tren Positif di Tahun 2022

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bulukumba (Disparpora Bulukumba) mencatat tren positif di tahun 2022. Tren tersebut di capai berdasarkan tiga urusan dan kewenangan yaitu Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga.

Untuk urusan Pariwisata, Disparpora Bulukumba telah mencatatkan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) saat ini di angka 90 persen lebih atau Rp7,2 miliar dari target Rp8 miliar.

“Insyaa Allah akan bertambah di akhir tahun. Capaian ini menjadi salah satu yang tertinggi dari OPD pengelola PAD di Pemkab Bulukumba,” ungkap KepalaDisparpora H. Daud Kahal, Rabu 28 Desember 2022.

Baca Juga: Dinas Kominfo Bulukumba Gelar Sosialisasi untuk Perkuat Peran PPID dalam Layanan Informasi

Lebih lanjut, Daud Kahal mengutarakan bahwa capaian positif dari angka kunjungan wisatawan juga saat ini sudah melampaui target 500 ribu pengunjung.

Capaian tersebut, tambahnya tentu berkontribusi positif terhadap berbagai sektor yang bersentuhan dengan pariwisata. Khususnya jasa, hotel dan restoran, UMKM dan jasa lainnya, dengan kata lain terjadi multiflyer effect.

Sementara untuk urusan olahraga, tahun ini juga menjadi istimewa bagi Kabupaten Bulukumba. Karena mampu dan sukses menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi ke XVII dan menempatkan diri pada pencapaian prestasi posisi 5 besar.

Baca Juga: Satpol PP Damkar Bulukumba Tertibkan Baliho

“Tentu ini juga menjadi catatan sejarah untuk pertama kalinya Bulukumba menempatkan diri dalam even bergengsi di Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Selain itu ada beberapa capaian positif di beberapa cabang olahraga yang meraih medali emas di ajang Kejuaraan Nasional.

Adapun untuk urusan Kepemudaan tahun 2022 ini, Bulukumba juga berprestasi melalui program Pemuda Pelopor. Dengan menepatkan putri terbaik Mariani asal Desa Kahayya Kecamatan Kindang sebagai finalis tingkat nasional untuk Bidang Pangan.

Baca Juga: Permainan Kelompok Istri Kades-Lurah di Bulukumba Seru

Selain itu, Bulukumba juga menjadi satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan yang ikut serta dalam even pekan Pemuda Riset dan Inovasi Nasional (PPRIN). Yang di selenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Dengan mengirimkan tiga putra putri terbaiknya di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Even ini, kata mantan Kadis Kominfo ini menjadi ajang pembuktian bagi para pelajar dan pemuda untuk melahirkan berbagai inovasi.

“Kami patut bersyukur dan berterimakasih dengan kolaborasi, dukungan pimpinan serta sinergi yang terbangun dalam internal Dinas Parpora. Sehingga ini dapat di wujudkan. Capaian ini juga sudah memberikan kontribusi dan memenuhi target tahun pertama RPJMD,” tutup Daud Kahal. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button