MetroNews

RTH Syekh Yusuf Resmi Dibuka Untuk Umum

60 PKL Direlokasi Masuk ke Food Court

¬†angyGOWA, NEWSURBAN.ID –¬† Ruang Terbuka Hijau (RTH) Syekh Yusuf Kabupaten Gowa akhirnya secara resmi dibuka dan bisa dinikmati seluruh masyarakat. Baik yang ada di wilayah Kabupaten Gowa, maupun sekitarnya.

Salah satu pembangunan infrastruktur prioritas ini mulai di bangun sejak 2018 lalu. Rencana peresmian RTH tersebut pun beberapa kali di lakukan penundaan karena adanya pandemi Covid-19 sehingga terjadi pembatasan aktivitas.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan dengan di bukanya RTH tersebut maka seluruh fasilitas yang ada bisa di gunakan oleh masyarakat umum.

“Hari ini kita melakukan peresmian RTH yang selama dua tahun di lakukan renovasi dan sempat di hentikan karena pandemi Covid-19. Fasilitas ini adalah milik kita bersama sehingga harus di jaga bersama,” ungkapnya di sela-sela peresmian, Rabu (4/1).

Baca Juga : Bertanding di Liga 3, Bupati Andi Utta Lepas Tim Sepakbola Gasiba

Salah satu fasilitas yang di miliki oleh RTH ini yakni adanya food court. Di mana beberapa UMKM yang merupakan pedagang kaki lima yang ada di sepanjang Jalan Tumanurung, Jalan Agus Salim, Jalan Masjid Raya, dan Jalan Basoi dg Bunga di relokasi kedalam food court RTH itu.

“Seluruh pedagang kaki lima kita relokasi ke dalam RTH ini. Jadi tidak ada lagi yang bisa berjualan di pinggir jalan yang kita sebutkan. Saya minta kepada satpol jika ada yang bermain maka saya berhentikan hari itu juga termasuk PKL yang masih berjualan di jalur di larang hari itu juga akan di tertibkan,” tegas Adnan.

Olehnya dirinya mengajak seluruh masyarakat agar bisa bersama-sama menjaga fasilitas yang ada agar Kabupaten Gowa bisa lebih tertata dengan baik dan tenang.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa, Andry Mauritz mengatakan. Pihaknya merelokasi sebanyak 60 PKL yang merupakan hasil pendataan sebelumnya. Sehingga seluruh pelaku usaha yang di masukkan yang di utamakan sebelumnya berjualan di Jalan Tumanurung, Jalan Agus Salim, Jalan Masjid Raya, dan Jalan Basoi dg Bunga.

Tak hanya itu, ada beberapa fasilitas yang terdapat dalam RTH ini selain food court. Antara lain, lapangan sepakbola, lapangan takraw, fasilitas skateboard, lapangan voli, akses jogging track, basket, monumen patonro dan lainnya.

Baca Juga : Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Gowa, Adnan Dorong Percepatan Penyerapan APBD

“Kita hanya meminta agar semuanya baik pengunjung maupun pelaku usaha bisa menjaga kebersihan. Agar tentunya RTH ini indah untuk di pandang mata,” tutupnya.

Salah satu pedagang, Daeng Kanang yang menjual minuman dan jajanan mengaku bersyukur hari ini bisa di relokasi masuk dalam RTH tersebut. Menurutnya, dengan masuknya dirinya bersama pedagang lain maka keamanannya bisa terjamin.

“Saya sudah 23 tahun menjual. Dulu saya lama di dalam lapangan sebelum kejadian yamg akhirnya di bangun RTH lalu setelah itu pindah di depan SMPN 4 Sungguminasa. Jadi pasti sangat bersyukur akhirnya bisa berkumpul dan tidak terpisah dengan pedagang lainnya. Artinya kita sebagai penjual biaa aman menjual salam RTH ini,” sebutnya.

Peresmian ini di tandai dengan penandatanganan prasasti. Oleh Bupati Gowa di dampingi Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, Sekda Gowa, Kamsina dan Unsur Forkopimda Kabupaten Gowa.(#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button