NewsSulteng

Wali Kota Hadi Launching Jumat Palu Sehat, Siapkan Pelayanan Kesehatan Gratis

PALU, NEWSURBAN.ID — Wali Kota Palu H. Hadianto Rasyid, S.E (Hadi) secara resmi melaunching Pelayanan Kesehatan Gratis Jumat Palu Sehat di Wilayah Kota Palu.

Acara,dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Palu Timur jalan Undata pada Jumat, 6 Januari 2023.

Hadir mendampingi Wakil Walikota Palu dr.Reny A Lamadjido, Sp, PK, M.Kes, Sekda Kota Palu Irmayanti, S.Sos, M.M, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah dr. I Komang Adi Sujendra Sp. PD. Para kepala OPD, Camat, Lurah dan stakeholder lainnya.

Wali Kota Palu menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kota Palu yang telah memulai pelaksanaan pelayanan kesehatan gratis jumat palu sehat.

Baca Juga: Masa Sidang I 2023 DPRD Kota Palu Dibuka, Ini Harapan Pemkot Palu

“Sesuai dengan namanya, pelayanan kesehatan ini akan-dilaksanakan pada Jumat setiap pekan. Dengan kegiatan pokok yaitu pemeriksaan kesehatan oleh dokter, pengobatan, pemeriksaan tekanan darah dan gula darah,” jelas Wali Kota Hadi.

Pelayanan Kesehatan Gratis Jumat Palu ini, melayani pemeriksaan kesehatan bagi masyaraka lanjut usia (lansia); Pemeriksaan kesehatan kerja bagi padat karya; Pemeriksaan ibu hamil; Serta penyuluhan dan konseling.

“Tentunya melalui Pelayanan Kesehatan Gratis Jumat Palu Sehat ini, Pemerintah Kota Palu berupaya melakukan pendekatan. Dan pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dalam meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan kepada masyarakat berdasarkan wilayah kelurahan masingmasing,” tutur Wali Kota.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan visi misi Pemerintah Kota Palu dalam menciptakan pemerintahan yang profesional. Dan hadir melayani dengan program di bidang kesehatan. Yaitu, Palu Kota Sehat, serta transformasi puskesmas dan pemberian layanan kepada masyarakat yang tidak mampu.

Baca Juga: Groundbreaking Huntap Tondo II sebanyak 1.050 unit, Wali Kota Palu: Alhamdulillah, Tak ada Lagi Sengketa Lahan

“Sehubungan dengan hal tersebut pemerintah kota palu melalui Dinas Kesehatan memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada seluruh masyarakat di wilayah kota palu. Sebagai bentuk inovasi dalam mendukung program wali Kota Palu,” kata Hadi.

“Pelayanan kesehatan merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan yang-diberikan oleh tenaga kesehatan kepada masyarakat,” tambahnya.

Kata dia, lagi, pelayanan kesehatan gratis Jumat Palu Sehat merupakan inovasi Dinas Kesehatan Kota Palu. Yang memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. Untuk mempercepat penurunan angka kesakitan dan kematian ibu dan anak serta pelayanan kesehatan lansia. Yang di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Palu pada tiap kelurahan setiap hari Jumat.

Baca Juga: Pemkot Palu Berhasil Turunkan Angka Penduduk Miskin dan Pengangguran Tahun 2022

“Selaku Wali Kota, saya berharap dengan adanya inovasi ini, masyarakat kota palu dapat memanfaatkan pelayanan ini dengan baik. Sehingga meningkatkan pelayanan kesehatan ibu, anak, dan lansia, meningkatkan peran serta masyarakat,” ujarnya.

Dia juga berharap layanan ini, dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan. Dan kegiatan-kegiatan lain yang menunjang peningkatan kemampuan hidup sehat.

Di kesempatan tersebut, Walikota Palu langsung meninjau pelaksanaan pelayanan kesehatan gratis di kantor kelurahan Kabonena. Juga di kantor kelurahan Tavanjuka dan pelayanan kesehatan di wilayah Puskesmas Birobuli. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button