NewsNusantaraSulsel

Pemprov Sulsel Launching PPID Digital, “Inklusi Melayani”

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulsel melaunching secara resmi PPID Digital “Inklusi Melayani” di Command Center Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (11/10/2022).

Acara yang di hadiri oleh admin Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dari tiap OPD Lingkup Pemprov Sulsel tersebut-digelar dalam rangka optimalisasi kerja PPID Utama dan PPID Pelaksana Lingkup Pemprov Sulsel. Sekaligus meningkatkan pelayanan permohonan informasi kepada publik melalui proses digitalisasi aksesibilitas dan pengumpulan informasi.

Pada acara tersebut,dilakukan penyerahan secara simbolis user dan password kepada admin PPID Pelaksana di masing-masing OPD Lingkup Pemprov Sulsel.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Apresiasi Pencanangan Zona Integritas BBPPKS

Dalam sambutannya, Kepala Diskominfo-SP Prov. Sulsel menyampaikan bahwa launching PPID digital tersebut merupakan bentuk adaptasi terhadap perubahan zaman.

“Digitalisasi menjadi sebuah keharusan di tengah-tengah revolusi yang sangat pesat, di mana sistem konvensional (manual) sudah mulai-ditinggalkan. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan fasilitas ini dengan baik,” kata Amson yang juga Ketua PPID Utama Prov. Sulsel tersebut.

Ia menambahkan, dengan tersedianya fasilitas tersebut, setiap OPD Lingkup Pemprov Sulsel sebagai PPID Pelaksana di harapkan dapat memunculkan inovasi dan kreativitasnya.

Baca Juga: Sulsel Penyuplai Terbesar Beras Nasional, Kontribusi Sebesar 25-30 Persen

“Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membuat orang tertarik melihat website kita. Pandangan pertama seseorang itu ada pada penampilan/tampilan. Untuk itulah di perlukan upaya bagaimana mengembangkan kreativitas dan berinovasi, sehingga PPID itu lebih menarik,” tambahnya.

Amson Padolo meminta kesediaan PPID Pelaksana di masing-masing OPD Lingkup Pemprov Sulsel untuk menyampaikan informasi-informasi yang sangat berguna untuk masyarakat ke dalam website PPID, khususnya program prioritas bapak Gubernur.

“Banyak sekali informasi yang dibutuhkan publik, tetapi perlu keterlibatan seluruh OPD untuk lebih terbuka dalam penyajiannya, utamanya terkait data. Banyak hal-hal teknis yang bisa dijawab, tetapi memerlukan data. Kalau bapak dan ibu merasa informasi yang akan di sampaikan itu sangat rawan. Tolong di sampaikan kepada PPID Utama untuk di bantu, kita akan bantu kaji. Namun, informasi yang paling penting adalah informasi terkait program prioritas Gubernur,” ungkapnya.

Baca Juga: Diskon Hotel 15-25 Persen, PHRI Sambut Positif HUT 353 Sulsel

Ia pun berharap dengan kehadiran admin PPID di masing-masing OPD Lingkup Pemprov Sulsel tersebut. Dapat memudahkan dalam pengumpulan informasi dan data yang di perlukan publik.

Acara tersebut di akhiri dengan pemaparan dan gambaran umum terkait pengelolaan PPID digital untuk inklusi melayani. Serta sesi tanya-jawab dengan para peserta.

Dulu Manual, Kini Basis Digitalisasi

Sementara itu saat memberikan bimbingan teknis kepada para PPID Pelaksana OPD lingkup Pemprov Sulsel, hadir Kepala Bidang Humas dan Komunikasi Publik Sultan Rakib. Dalam materinya Sultan memberikan gambaran bahwa dulu PPID Utama dan PPID pelaksana masih sebatas memberikan pelayanan kepada masyarakat secara manual atau off line.

“Tapi sekarang kami buatkan sistem ini maka semua permohonan informasi publik oleh masyarakat sudah bisa di akses di www.ppid.sulselprov.go.id dengan aplikasi berbasis website ini maka teman teman PPID pelaksana mudah dalam bekerja dan melayani proses permintaan informasi,” beber Sultan.

Baca Juga: Bertemu di Makassar, Ganjar Pranowo dan Andi Sudirman Bahas G to G dan B to B Jateng-Sulsel

Dengan sistem digital ini maka, masyarakat bisa meminta informasi melalui transaksi digital sepanjang informasi itu tdak-dikecualikan.

Sultan menambahkan, Sistem ini,dibangun tidak dengan door to door antara pemohon dengan OPD sebagai PPID pelaksana, tapi sistem shelter. Di mana PPID Utama (Humas Diskominfo) menjadi penyaring dalam proses permohonan informasi kepada seuruh OPD. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button