MetroNewsPariwisata

Pembuatan Kapal Pinisi dan Rumah Adat Akan Live Hingga Selesai di F8 Makassar 2023

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Pembuatan Kapal Pinisi dan rumah adat akan live pada Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 Makassar tahun ini. Ini merupakan inovasi baru pada event tahunan tersebut.

Persiapan itu, menyusul F8 Makassar, kembali masuk dalam kalender Top 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023.

Untuk itu, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) terus membuat inovasi pada event ini.

Menurut Danny, penayangan dari awal pembuatan Kapal Pinisi dan rumah adat hingga selesai, akan menambah daya tarik. Sehingga event ini semakin berdampak pada ekonomi dan sosial masyarakat Kota Makassar.

“F8 Makassar 2023 ini, bakalada hal baru. Yakni, mendirikan Perahu Pinisi, Rumah Adat Bugis, Toraja dan Makassar di lokasi acara,” ungkapnya.

Baca Juga: Berhasil Tekan Kawasan Kumuh, Danny Lanjutkan Kerja Sama Program RISE

Bahkan, pembangunannya dari awal akan live hingga puncaknya hari H pelaksanaan 23-27 Agustus, mendatang.

“Jadi akan terus mengalami perubahan dan peningkatan atraksi budayanya. Kedepannya kita buat lebih baik lagi. Insya Allah jauh lebih hebat karena kami buat kapal pinisi langsung di situ, live. Juga rumah adat Toraja, Bugis dan Makassar,” kata Danny.

“Jadi konten lokal diperbesar dengan standar internasional,” kata Danny saat menjadi narasumber The 1st Indonesian Event Management Summit (IVES) di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa, (21/02/2023).

Danny Pomanto menjelaskan dampak yang diperoleh Makassar juga masyarakatnya terhadap kehadirannya F8 Makassar begitu terasa.

“Tahun lalu transaksi F8 Makassar tembus Rp34 miliar transaksi di sana, paling tinggi mobil, juga terhadap UMKM. Jadi seperti lebarannya UMKM. Mereka sampaikan dalam lima hari itu keuntungannya sama dengan setahun jualan,” ungkap Danny Pomanto.

Baca Juga: Peringatan HPSN 2023, Indira Apresiasi Petugas Kebersihan

Maka dengan begitu, ia menilai daya tarik seperti itu menjadi ekosistem ekonomi yang sudah jalan dengan sendirinya dan akan tumbuh sendiri.

F8 Makassar dalam Top KEN 2023, pula-dinilai mampu menggabungkan semua unsur subsektor ekonomi kreatif dan selalu mengedepankan konsistensi dari tahun ke tahun.

Lalu memberikan dampak positif terhadap pelaku ekonomi kreatif dan industri pariwisata.

Upayanya me-rebranding Makassar yang dikenal ‘keras’ berhasil membuahkan hasil. Pasalnya, orang nomor satu di Makassar ini menyebut ada energi besar dari masyarakat juga budayanya yang perlu disalurkan melalui event.

Makanya, dia berinsiatif menyalurkan energi-energi besar itu di F8 Makassar.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan peluncuran event KEN itu bertujuan untuk memicu kebangkitan industri ekonomi dan pariwisata.

Baca Juga: OJK Gandeng TP PKK Kota Makassar Tingkatkan Literasi Keuangan IRT

Sandi menyebut KEN 2022 telah mampu mendorong dan menggerakkan ekonomi daerah.

Adapun pada KEN 2022, terdapat 3.000.000 pergerakan wisatawan, 11.000 UMKM, 55.000 pelaku seni dan event, 11.000 pekerja. Dan 250 komunitas atau asosiasi yang telah-diberdayakan.

Sebagaimana informasi, F8 Makassar-diharapkan mampu memberi dampak positif bagi pelaku UMKM. F8 Makassar adalah festival seni, budaya, dan hiburan. Event ini, terdiri dari 8 kegiatan dengan nama awal huruf F. Yaitu, food, flora and fauna, fashion, film, fiction writer, fussion jazz, folk, dan fine art.

Setiap tahun tema acara ini berbeda-beda untuk memberikan keunikan penyelenggaraannya. Sejak tahun kedua, F8 Makassar telah masuk dalam 10 event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Sejumlah negara pun ikut hadir pada event ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button