NewsSulsel

Bone Raih Penghargaan UHC 2023, Andi Fahsar: Ini Wujud Komitmen Pemda

BONE, NEWSURBAN.ID — Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi menyampaikan rasa syukur karena Pemerintah Kabupaten Bone raih penghargaan UHC (Universal Health Coverage) 2023. Menurutnya Bone raih penghargaan UHC atas dukungan pada Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang merupakan program strategis Nasional.

Kegiatan ini di buka Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan memberikan penghargaan Universal Health Coverage kepada kepada 22 Provinsi; 334 Kabupaten/Kota di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa, 14 Maret 2023.

Baca Juga: Kapolres Bone Janji Tindak Tegas Oknum Polisi Terduga Pelaku Pelecehan Seks Istri Orang

Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi menerima penghargaan itu dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Usai menerima penghargaan Andi Fahsar menyampaikan rasa syukurnya karena tahun ini Pemerintah Kabupaten Bone telah berhasil meraih predikat UHC. Di mana 98,37% atau 800.506 jiwa dari 813.771 jiwa penduduk Kabupaten Bone telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di bawah pengelolaan BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Oknum Polisi di Bone Dilapor, Diduga Gerayangi Istri Orang Saat Jenguk Pasien

Capaian ini, kata Fahsar melebihi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2024.

“Kita patut bersyukur bahwa pada tahun 2023 ini Pemerintah Kabupaten Bone bekerjasama dengan BPJS Kesehatan telah menjadikan Kabupaten Bone berstatus UHC. Dengan cakupan 98,37% dari total penduduk kabupaten Bone,” ungkapnya.

Baca Juga: Puluhan Peserta Ikuti Ajang Pemilihan Ana’dara kallolo Bone 2023

Kata dia, Pemkab Bone sudah mendaftarkan 237.381 jiwa ke dalam program JKN dan membayarkan iurannya.

“Angka tersebut merupakan jumlah penduduk terbesar se-Provinsi Sulawesi Selatan yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah ke dalam Program JKN,” kata Fahsar.

Baca Juga: Persiapan Menyambut Hari Jadi Bone HJB Yang Ke 693 Ambo Dalle Tegaskan Para OPD Bekerja Maksimal Jangan Malas

Bupati Bone dua periode ini, menyampaikan Pemkab Bone telah mengalokasikan dana APBD sebesar lebih dari Rp115 miliar. Untuk membiayai Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Ini merupakan bukti wujud komitmen Pemkab Bone dalam memberikan kepastian jaminan kesehatan kepada seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Bone,” tambahnya. (fan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button