NewsSulsel

Bypass Takkalasi Barru - Lawo Soppeng Dianggarkan Rp73,2 M, Gubernur Andi Sudirman: Pangkas Jarak 30 KM

SOPPENG, NEWSURBAN.ID โ€” Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memberikan perhatian dan fokus pembangunan infastruktur antar kabupaten untuk mempermudah mobilitas masyarakat. Salah satunya ruas jalan elak atau Bypass Takkalasi Barru – Lawo Soppeng. Tahun ini pembangunannya kembali di lanjutkan.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, bahwa anggaran Rp73,2 miliar alokasi anggaran PAGU untuk Tahun 2023. Pembangunan jalan ruas Takkalasi – Bainange – Lawo yang menghubungkan dua kabupaten ini, yakni Barru – Soppeng. Termasuk di dalamnya bypass Takkalasi Barru – Lawo Soppeng.

Dengan penanganan jalan ini,akan membuka wilayah terisolir serta memangkas waktu tempuh. Jika biasanya melalui Bulu Dua menempuh jarak sekitar 70 km. Namun, melalui ruas ini hanya menempuh 38 km. Atau mempersingkat perjalanan sekitar 30 km.

Baca Juga:ย Target 154 Ribu Batang di Wilayah Bosowasi, DKP Sulsel Tanam Mangrove di Desa Polewali Bone

โ€œRuas jalan ini menjadi prioritas untuk dikerjakan secara bertahap. Alhamdulillah, Rp 73,2 miliar alokasi untuk 2023 untuk Pembangunan di Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Barru. Ini pangkas jarak 30 km,โ€ kata Andi Sudirman Sulaiman saat menghadiri Rapat Paripurna 762 Tahun Kabupaten Soppeng di Kantor DPRD Soppeng, Selasa, 21 Maret 2023.

“Saat ini tengah progres pembukaan lahan. Rencananya akan ditangani sepanjang 12,1 km,” sebutnya.

Dia juga meminta doa dan dukungan masyarakat untuk kelancaran pembangunan ini, sehingga segera dapat di akses oleh masyarakat.

Baca Juga:ย Jalan Pekkae-Takkalala Masuk Tahap Konstruksi, Gubernur: Urat Nadi Penghubung Barru-Soppeng

Sementara itu, Bupati Soppeng, Kaswadi Razak menyempaikan, mengapresiasi banyaknya bantuan keuangan yang di berikan Pemprov Sulsel untuk Soppeng.

โ€œBanyak bantuan keuangan ke kabupaten Soppeng. Karena memanh paling panjang jalan provinsinya. Lebih 150 km, jadi tidak sia-sia Support anggaran yang di berikan Gubernur,โ€ sebutnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button