NewsSulsel

Camat Ujungbulu Akui Inovasi Lorong Jelita Dukcapil: Dekatkan Pelayanan ke Masyarakat

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Bulukumba, terus memasifkan pelayanan kepemilikan KIA (Kartu Identitas Anak). Khususnya di daerah pesisir Kota Bulukumba melalui inovasi Lorong Jelita. Layanan ini, diakui Camat Ujung Bulu Andi Ashadi.

“Di daerah pesisir kan, rata-rata orang melaut. Jadi, banyak orang tua yang tak sempat mengurus KIA bagi anak-anaknya. Saya sangat apresiasi Lorong Jelita, mendekatkan pelayanan ke masyarakat,” kata Camat yang lebih akrab di sapa Andi Gatot, Kamis, 23 Maret 2023.

Apalagi, katanya, layanan kepemilikan KIA di laksanakan di salah satu Taman Cekkeng sekitaran Pantai Merpati. Di mana, suasana pelayanan yang sejuk dan menyenangkan bagi anak-anak dan orang tuanya.

Baca Juga: Dorong Kemampuan Generasi Emas Bulukumba, Dinas Dikbud Asesmen Potensi Bakat Bagi Siswa SMP

“Alhamdulillah, sebanyak 209 anak-anak di sana sudah mendapat KIA,” jelas Andi Gatot, yang juga pemrakarsa agar layanan KIA di laksanakan di daerah pesisir Kota Bulukumba.

“Bagi anak yang tidak sempat datang bisa melakukan layanan melalui link/barcode yang telah di siapkan pihak Dukcapil. Yang dapat di akses di tempat-tempat umum,” sambungnya.

Kepala Dinas Dukcapil Bulukumba, Dedi Rahmadi mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya terus melakukan terobosan. Dalam pelayanan agar masyarakat dapat dengan mudah terlayani.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Pemkab Bulukumba Gelar Pasar Pangan dengan Harga Terjangkau

“Salah satunya melalui inovasi Lorong Jelita untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. Dan negara hadir menjawab permasalahan masyarakat dalam kepemilikan KIA bagi anak usia 0-17 tahun kurang sehari,” imbuhnya.

Sekadar di ketahui, pelayanan yang di laksanakan di Taman Cekkeng, Rabu kemarin (22/3/2023). Di tutup dengan penyerahan Barcode dari Dinas Dukcapil kepada camat Ujungbulu dan Forum Anak Panrita Lopi. Untuk selanjutnya di pasang di tempat-tempat umum yang mudah di akses.

Lorong Jelita lolos KIPP Provinsi Top 50 dan akan melangkah ke Top 30. Verifikasi lapangan akan di laksanakan pada Senin (27/3/2023), bersama inovasi Promina Dinas Perikanan.

Adapun inovator dari Lorong Jelita adalah Endang Muliani. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button